Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Bantu Tingkatkan UMKM Dusun Pendem Melalui E-Commerce

KKN UAD Bantu Tingkatkan UMKM Dusun Pendem Melalui E-Commerce

Roti buatan Argany Bakery, UMKM di Paliyan yang pengiklanan daringnya berkolaborasi dengan KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Farida)

Sabtu, 25 Februari 2023, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode ke-101 Unit XXIV.C.II melakukan kunjungan dan peningkatan usaha ke salah satu usaha mikro kecil menengah (UMKM) yaitu Argany Bakery yang ada di Dusun Pendem, Karangduwet, Paliyan, Gunungkidul. Argany Bakery didirikan sejak Juni 2022 lalu, saat itu masih merupakan masa pandemi.

“Corona bisa mengubah segalanya. Angsuran harus tetap berjalan sehingga kami harus bisa putar otak dan pada saat itu ada teman yang mau mengajari membuat roti. Alhamdulillah usaha ini bisa berjalan sampai sekarang,” jelas Taufik, pemilik Argany Bakery.

Ia menuturkan bahwa usaha ini memproduksi berbagai macam varian roti, dan roti yang paling laris yaitu roti gulung. Proses pemasaran roti dilakukan dengan menitipkan melalui sales yang bekerja sama dengan UMKM tersebut. Proses yang demikian ini belum menggunakan strategi penjualan yang ideal sehingga diperlukan inovasi dalam pemasaran.

Lebih lanjut, mahasiswa KKN UAD melakukan peningkatan pemasaran bersama Taufik yakni dengan pembuatan dan aktivasi akun Instagram bernama @argany_bakery sehingga dapat menunjang UMKM Dusun Pendem. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan pembuatan titik lokasi UMKM Argany Bakery di Google Maps untuk mempermudah menemukan lokasi usaha dan berinteraksi dengan para pelanggan melalui ulasan-ulasan dan pertanyaan.

“Tentunya dalam menjalankan bisnis, UMKM memerlukan strategi pemasaran yang baik untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Tujuannya agar bisnis tetap hidup dan berkembang. Salah satu strategi pemasaran adalah dengan optimasi Google Maps yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, sekaligus peluang kemungkinan konsumen untuk mengetahui adanya UMKM tersebut, hingga melakukan proses pembelian,” jelas Riyan Dimas Rinaldi selaku Ketua KKN UAD XXIV.C.II

Dalam kegiatan ini, Taufik dan para pegawai sangat antusias dan merasa senang dengan kedatangan dan bantuan dari mahasiswa KKN UAD. “Terima kasih teman-teman KKN UAD atas kehadiran dan bantuannya dalam proses pembuatan, pengemasan roti, dan promosi melalui media sosial,” tutup pemilik Argany Bakery itu. (nrm/frd)

uad.ac.id