Selasa, 16 April 2024
Perguruan Tinggi

Dorong Mahasiswa Menjadi Wirausahawan, UM Sosialisasikan PMW 2023

Dorong Mahasiswa Menjadi Wirausahawan, UM Sosialisasikan PMW 2023
image_pdf
Launching Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UM Tahun 2023

Universitas Negeri Malang (UM) adakan sosialisasi sekaligus launching Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UM Tahun 2023 pada Jumat (03/03) di Gedung A20 lantai 9 UM. Mengundang para narasumber hebat, kegiatan dilakukan untuk mendorong dan mencetak mahasiswa UM  untuk menjadi wirausahawan dan mampu menjalankan usaha. Acara dihadiri oleh para koordinator akademik dan kemahasiswaan dari tiap fakultas, serta para mahasiswa yang tertarik dengan kegiatan PMW.

Kepala Seksi Kesejahteraan dan Kewirausahaan, Wiwid Nurachmawati, S.P., ucapkan rasa syukurnya terhadap angka peminat PMW di UM yang terus meningkat sejak 2019. Kegiatan PMW di UM sendiri memiliki rekam jejak yang sangat baik. PMW UM pernah meraih juara umum dalam ajang nasional.

Melalui PMW, UM selalu berusaha meningkatkan daya saing mahasiswa untuk menghadapi persaingan, khususnya di bidang kewirausahaan. Fasilitas yang diberikan dalam PMW ini meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan serta keberlanjutan usaha. ”Jadi untuk adik-adik yang sudah punya usaha atau yang sedang merintis akan kami berikan pendampingan, pelatihan, hingga pendanaan,” ujar Wiwid, sebagai bukti keseriusan UM dalam membimbing mahasiswanya.

”Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan adik-adik bisa mengembangkan wirausahanya di UM. Semoga di tahun ini UM bisa kembali mendapatkan juara umum seperti di tahun 2019,” tambah Wiwid.

Achmad Kadhafi Sapiie selaku CEO dan co-founder dari Ideanation turut memberikan kiat-kiat menjadi wirausahawan yang inovatif. Ideanation sendiri adalah sebuah inkubator bisnis yang mencari para pencipta inovasi-inovasi menarik di bidang teknologi dan lingkungan. 

Pria yang kerap disapa Kadhafi itu menuturkan bahwa untuk menjadi entrepreneur yang baik, banyak poin-poin yang harus dilakukan. Wirausahawan harus memiliki acuan tertentu dalam menjalankan bisnisnya. Mahasiswa harus yakin dengan usaha yang dijalaninya dan memilih target pasar yang tepat. Selain itu, menjadi wirausahawan harus bisa membangun relasi dari mana saja.  

”Tidak boleh main-main dalam menjalankan usaha. Atur inovasi kalian sebaik mungkin, lalu uji ide-ide cemerlang itu dan coba hasilkan uang dari inovasi tersebut,” ujarnya.

Kadhafi menambahkan, menjadi pengusaha adalah keputusan besar karena akan menghadapi masalah-masalah yang besar pula. Oleh karena itu, keputusan UM dalam mendukung mahasiswanya berwirausaha melalui PMW adalah keputusan yang sangat tepat.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM