Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UNNES Gelar Upacara Wisuda ke-114, Rektor Beri Pesan Bagi 1.602 Wisudawan

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr S Martono MSi mewisuda 1.602 Wisudawan pada Upacara Wisuda ke-114 Universitas Negeri Semarang KE-114, Rabu (8/3) hingga Kamis (9/3). Upacara wisuda kali ini dilaksanakan secara luring di Gedung Auditorium UNNES.

Dalam kesempatan itu Rektor berpesan agar wisudawan selalu menjaga nama baik di mana pun nanti berkarya dan bekerja. Bukan hanya nama baik almamater, tetapi juga nama baik keluarga dan terutama diri sendiri.

“Berkaryalah sebaik mungkin dengan tetap menunjukkan karakter unggul kita sebagai kaum terdidik. Dengan begitu, orang-orang di sekeliling Suadara tahu bahwa Saudara bukan hanya memiliki kompetensi tetapi juga akhlak yang mulia,” kata Prof Martono.

Menurutnya, hal itu perlu disampaikan karena pada era sekarang ini, banyak orang lupa bahwa karakter dan akhlak adalah kualitas utama sebagai manusia yang beradab.

“Betapa pun tinggi kecerdasan dan kompetensi yang kita miliki, akan hilang maknanya jika tidak diiringi dengan karakter, akhlak, dan budi pekerti. Oleh karena itu, mari jaga lisan kita, jaga tindakan kita, tunjukkan kepribadian sebagai masyarakat terdidik di mana pun kita berada,” jelasnya.

Rektor menambahkan, karakter dan akhlak juga menjadi nilai utama (ultimate value) di era kecerdasan buatan.

Ia menjelaskan, keduanya berfungsi sebagai kompas moral yang membimbing mengambil keputusan-keputusan yang baik dan benar. Dual hal itulah yang memastikan arah langkah sebagai individu, anggota masyarakat, dan manusia.

“Oleh karena itu, tidak bosan-bosan saya ingatkan agar Saudara selalu menjaga lisan dan perbuatan di mana pun berada. Kita telah belajar dan berjuang dengan sangat keras agar bisa sampai di titik ini. Jangan sampai kesalahan kecil merusak semua prestasi dan pencapaian indah ini,” terang Prof Martono.

Pada upacara wisuda kali ini, UNNES meluluskan 1.602 Wisudawan yang terdiri atas 19 Program Doktor, 141 Program Megister, 1.435 Program Sarjana, dan 7 Program Diploma.