Sabtu, 25 Maret 2023
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan PPG Daljab I Gelombang II Tahun 2022/2023

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan  PPG Daljab I Gelombang II Tahun 2022/2023

Universitas Negeri Medan melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori I Gelombang II Universitas Negeri Medan Tahun 2022/2023. Dilaksanakan selama 3 hari, mulai 7 – 9 Maret 2023 di Karibia Boutique Hotel Medan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan “Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Kategori I Gelombang II Unimed tahun 2022-2023 sudah kita laksanakan secara baik sesuai dengan regulasi dan pedoman yang ada. Saat ini peserta PPG sedang menunggu jadwal untuk melaksanakan tahap akhir PPG yaitu Uji Kompetensi Mahasiswa PPG yang meliputi Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan. Kita berharap seluruh peserta PPG mendapatkan hasil yang terbaik dan memperoleh sertifikat pendidik. Sebagai pengelola, masih ada tugas dan kewajiban kita yang belum selesai dan harus kita selesaikan. Kita harus melakukan evaluasi dan menyusun laporan kegiatan dari pelaksanaan PPG tersebut. Laporan yang kita susun tentunya ada 2 bagian yaitu laporan pelaksanaan kegiatan akademik dan laporan pengelolaan keuangan.”

“Rapat ini nantinya, mengevaluasi dan menyusun serta membedah apa-apa saja yang akan kita susun sebagai laporan pelaksanaan kegiatan PPG Dalam Jabatan Kategori I Gelombang II. Mari kita evaluasi mulai dari proses pelaksanaan orientasi awal, pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, uji komprehensif, pelaksanaan PPL, dan juga pelaksanaan UKMPPG yang jadwalnya masih kita tunggu putusan dari Dirjen GTK,” pungkas Rektor.

Ketua Panitia Nasional UKMPPG, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan hasil rapat ini nantinya dapat menjadi rekomendasi dan masukan untuk pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berikutnya. Kita ingin rapat ini bermakna dan dapat menjadi acuan untuk kemajuan pendidikan, bukan hanya sebatas laporan dan evaluasi, namun ada solusi pemecahan masalah yang dihadapi mulai dari penguasaan materi, penyusunan dan pengembangan perangkat pembelajaran.

Dalam laporannya, Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “Peserta yang mengikuti Rapat koordinasi penyusunan laporan akhir berjumlah 72 orang, yang terdiri dari unsur pimpinan di tingkat Universitas, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Ketua Prodi, Dosen Pengampu, Guru Pamong, Admin Kelas, dan pengelola PPG Unimed. Secara umum proes pelaksanaan tahapan PPG Daljab Kategori I Gelombang 2 Tahun 2022/2023 telah berjalan dengan baik. Namun demikian dirasa perlu untuk menelaah kembali seluruh rangkaian proses pelaksanaannya untuk meningkatkan kualitas proses pelaksanaan PPG mendatang. Pada PPG Daljab Kategori I Gelombang 2 Tahun 2022/2023 ini diikuti oleh 663 mahasiswa yang terbagi kepada 16 bidang studi. Kami berharap agar nantinya penyusunan laporan ini tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan.” (Humas Unimed/eo).