Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Hebring euy! 7 Siswa Cimahi Panen Prestasi di Surabaya

Hebring euy! 7 Siswa Cimahi Panen Prestasi di Surabaya

Tujuh siswa SMK Negeri 1 Kota Cimahi mengharumkan nama sekolah dan Kota Cimahi usai menyabet menjuarai lomba Instrumentation Skill dan Programmable Logic Controller (PLC) National Competition di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya belum lama ini.

Mereka ialah Revi Azizu Rohman (17) dan Zhafran Ahmed Luxmahdy (18), siswa jurusan Teknik Otomasi Industri. Keduanya menyabet juara 1 kategori Instrumentation Skill.

Lalu ada Zakhwal Bintang Pradana (18), Nadia Amna Nafessa (18), dan Ilham Zain Muttaqin (18). Siswa jurusan Instrumentasi dan Otomatisasi Proses yang menyabet juara 1 Instrumentation Paper Competition kategori Gagasan Tertulis SMK.

Terakhir ada nama Mochammad Luthfi Raihani (17) dan Muhammad Zaifa Azmi (18), siswa jurusan Instrumentasi dan Otomatisasi Proses yang menyabet juara 3 Instrumentation Skill.

Ilham Zain, perwakilan siswa peraih gelar juara itu mengaku bangga namun degdegan saat akhirnya memutuskan mengikuti perlombaan di ITS Surabaya tersebut.

“Jelas kami degdegan awalnya, karena kan jauh dari sekolah. Tapi alhamdulillah kami bisa meraih hasil maksimal, juara 1 dan juara 3,” kata Ilham saat ditemui di SMK Negeri 1 Cimahi, Senin (6/3/2023).

Ilham mengatakan raihan maksimal dalam perlombaan tersebut tak lepas dari persiapan panjang yang dijalani. Ia dan keenam rekannya sudah menjalani persiapan sejak November 2022.

“Nah dengan persiapan yang panjang itu, termasuk kami matangkan sehari sebelum lomba, kami bisa melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan juri dengan baik. Mungkin itu yang akhirnya bisa membawa kami jadi juara,” kata Ilham.

“Untuk persaingan sendiri sangat ketat, dimana untuk teman-teman finalis lain sudah ada replika atau prototype dari alatnya. Nah kalau kami belum bisa, tapi kami maksimalkan dari presentasinya,” tambahnya.

Sekilas soal Programmable Logic Controller atau PLC, Revi Azizu Rohman, siswa yang meraih juara 1 kategori Instrumentatiom Skill mengatakan kalau PLC berkaitan dengan pemrograman yang digunakan di sektor industri.

“Jadi industri sekarang rata-rata sudah memakai PLC untuk efisiensi kinerja pegawainya. Dengan PLC ini kita bisa mengotomatisasi semua sistem,” tutur Revi.

Implementasi di kehidupan nyata, PLC salah satunya digunakan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), kemudian bottle filling machine, pick and place, dan bidang lain di sektor industri.

“Kalau di rumah tangga itu nggak ada yang pakai PLC, karena kan dipakai untuk alat-alat besar. Jadi memang lebih diutamakan di sektor industri,” ucap Revi.

 

Sempat Alami Sejumlah Kendala

Perjalanan panjang para siswa peserta lomba untuk meraih juara 1 dan 3 tak lepas dari bimbingan para guru. Berawal dari persiapan dan babak penyisihan yang dijalani.

“Jadi sebetulnya ini kan event tahunan, sempat 2 tahun nggak ada karena pandemi. Awalnya itu ada 6 tim yang daftar, mereka menjalani beberapa tahapan lomba mulai dari penyisihan, semi final, dan terakhir final. Yang final itu ya 3 tim yang juara sekarang,” kata Indra Kusuma, guru pembimbing mereka.

Selama persiapan mereka mengalami sejumlah kendala, mulai dari kendala teknis hingga kebuntuan ide bagi tim yang berlomba di kategori inspection.

“Kalau kendala jelas ada, tapi kan itu dinamika. Misalnya kendala di teknis. Pas latihan, PLC error, kadang-kadang juga gagasan ada kebuntuan ide. Nah sering kita cari solusinya, mulai dari membaca referensi, ulik lagi, dan terus konsultasi akhirnya kebuntuannya terpecahkan,” tutur Indra.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 1 Kota Cimahi Agus Priyatmono Nugroho mengatakan raihan juara 1 dan 3 dari siswa yang mengikuti lomba di ITS sudah sesuai dengan target yang dicanangkan.

“Alhamdulillah kita bisa juara 1 dua kategori, dan juara 3 satu kategori. Ini tidak lepas dari bimbingan guru dalam pembelajaran dan latihan intensif menghadapi kejuaraan tersebut. Sebenarnya di pembelajaran sudah ada, tinggal kami matangkan dan fokuskan untuk kejuaraan ini,” ucap Agus.

(mso/orb)

 

 

Sumber berita :

  • https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6603553/hebring-euy-7-siswa-cimahi-panen-prestasi-di-surabaya