Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

FIA UB Pendampingan Lapor Pajak

FIA UB Pendampingan Lapor Pajak
Pendampingan Pelaporan Pajak di FIA UB
Pendampingan Pelaporan Pajak di FIA UB

Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya melaksanakan Pengisian E-Filling pada Selasa (7/3/23) di Gedung B FIA. Pengisian E-Filling ini dihadiri oleh Kanwill DJP Jatim III, KKP Pratama Malang Utara, KKP Pratama Malang Selatan. Hadir pula Dekan FIA dan para dosen serta tenaga kependidikan di lingkungan UB.

Siti Rahayu, selaku Penyuluh Pajak Ahli Madya Kanwill DJP III, menyebut agenda ini sebagai jadwal rutin. “Kegiatan pengisian SPT tahunan ini merupakan salah satu wujud dari relawan pajak dalam mendampingi wajib pajak untuk melaporkan SPT tahunan”, jelasnya.

Siti Rahayu, Pajak Ahli Madya Kanwill DJP III
Siti Rahayu, Pajak Ahli Madya Kanwill DJP III

Pelaporan SPT tahunan merupakan kewajiban bagi wajib pajak yang memiliki batas waktu hingga 31 Maret untuk wajib pajak pribadi dan 30 April untuk wajib pajak badan.

“Kami dari Kanwill dan kantor pelayanan pajak akan tetap mendampingi dan mengarahkan relawan pajak dalam melaksanakan tugasnya” imbuh Siti.

Selain asistensi pelaporan pajak, DJP Jawa Timur III juga melakukan sosialisasi penggunaan NIK untuk pengganti NPWP. “Penggunaan NIK untuk NPWP Mulai diterapkan sejak 14 Juli 2022 dan akan tetapi secara umum mulai tanggal 1 Januari 2024 ke depan semua pelayanan administrasi perpajakan dan administrasi lainnya yang memerlukan NPWP untuk BPOP menggunakan NIK  dengan adanya NIK sebagai NPWP diharapkan terintegrasinya semua data wajib pajak yang ada di DJP, Instansi maupun asosiasi dan pihak lain”, jelasnya.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk penambahan pengetahuan bagi bapak ibu, kami juga berharap kegiatan ini dapat diimplementasikan untuk mewujudkan wajib pajak utuh dan taat dalam pembayaran dan pelaporan” pungkas Siti.