Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

PKKM Tahun Ke-4 MTs Negeri 4 Klaten : Hasil Penilaian Sebagai Pemicu Peningkatan Kinerja

gambar proses PKKM

Pedan-Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun ke-4 madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Klaten dilaksanakan hari ini (9 Maret 2023) untuk menilai kinerja Kepala Madrasah selama 4 tahun berjalan. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas 8 E.

Tujuan dari kegiatan PKKM adalah untuk menilai usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala madrasah selama 4 tahun. PKKM akan menjadi tolak ukur keberhasilan civitas madrasah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten,  Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, beserta guru dan tenaga kependidikan.

Tim penilai pada kegiatan ini adalah dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah, pengawas, komite, guru, dan tenaga kependidikan. Acara PKKM di awali dengan upacara pembukaan dilanjutkan dengan presentasi Kepala Madrasah (Umi Muslikhah, S.Ag.). Setelah itu dilanjutkan dengan cek data 5 aspek yang dinilai dalam PKKM ini (Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Hasil Kinerja Kepala Madrasah).

PKKM empat tahunan MTs Negeri 4 Klaten yang dimulaipada pukul 11.00 ini  berlangsung dengan lancar dan selesai pada pukum 17.00.

LY