Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Promosikan UMKM, Mahasiswa KKN UAD Sukseskan Wijirejo Expo 2023

Promosikan UMKM, Mahasiswa KKN UAD Sukseskan Wijirejo Expo 2023

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berpartisipasi dalam Wijirejo UMKM Expo di Showroom Wijirejo (Foto: Farida)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode ke-101 Unit XII.C.2 ikut berpartisipasi dalam acara Wijirejo Expo di Showroom Wijirejo, Pandak, Bantul, pada Sabtu (25-2-2023). Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk mempromosikan produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kelurahan Wijirejo. Acara berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 23–25 Februari 2023 dan diikuti oleh kurang lebih 10 stan dari setiap padukuhan.

Kegiatan dilatarbelakangi oleh banyaknya UMKM yang ada di Kelurahan Wijirejo sehingga pemerintah berinisiatif untuk menggelarkan acara yaitu Wijirejo Expo 2023. Tujuannya sebagai ajang untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk lokal yang selama ini berjalan sendiri-sendiri. Pembagian stan meliputi stan pemerintahan, dusun, kerajinan, kuliner, dan stan umum. Pemerintah Kelurahan Wijirejo mengatakan bahwa program ini akan diselenggarakan setiap 2 bulan sekali.

Lebih lanjut, ajang Wijirejo Expo juga turut diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Dusun Gesikan III. Di stan Gesikan III ini, KWT menjual berbagai produk unggulan di antaranya bibit sayur-sayuran, pupuk organik eceran, kolam ember (komber) untuk ternak lele, bonggol pisang raja, dan bibit jahe merah asli. Tak hanya itu, KWT juga menjual camilan berupa kerupuk yang berbahan dasar tepung tapioka.

“Wijirejo Expo menjadi sajian baru dari pemerintah desa Kelurahan Wijirejo. Melalui ajang ini, harapan untuk Gesikan III semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan dapat meningkatkan produk-produk unggulan,” ujar Daliman selaku Ketua KWT. Selain itu, Daliman juga berharap Wijirejo Expo selanjutnya dapat meningkatkan promosi kebudayaan Wijirejo dan dapat menyejahterakan masyarakat.

Terakhir, Kamelia Febriani salah satu anggota KKN UAD Unit XII.C.2. menyampaikan dengan adanya Wijirejo Expo ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sekaligus mendukung promosi wisata terhadap UMKM di daerah tersebut. (aml/frd)

uad.ac.id