Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Dukung Bengkulu Leadership Program, Rektor Imbau Siswa Berprestasi Kuliah di UNIB

<strong>Dukung <em>Bengkulu Leadership Program</em>, Rektor Imbau Siswa Berprestasi Kuliah di UNIB</strong><strong></strong>

REKTOR UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc memberikan motivasi dan mengimbau siswa SMA sederajat yang berprestasi dari sepuluh kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu untuk melanjutkan kuliah di Universitas Bengkulu. Imbauan tersebut disampaikan Rektor ketika menjadi narasumber pada Seminar Pendidikan “Kontribusi Bengkulu Untuk Indonesia”, di Balai Buntar, Kota Bengkulu, Kamis (9/3/2023).

Rektor UNIB ketika menyapa dan memberikan motivasi kepada ribuan siswa SMA sederajat.(foto:hms1)

Seminar pendidikan ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Bengkulu di bawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan mengundang 2000-an siswa SMA/MA sederajat dan 250-an guru pendamping sebagai peserta.

Kegiatan yang merupakan titik awal Bengkulu Leadership Program ini, menghadirkan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA sebagai keynote speaker dan enam rektor dari universitas terkemuka di Indonesia dan daerah, serta dipandu moderator skala nasional.

Keenam rektor dan moderator nasional yang tampil baik secara ofline maupun online yaitu, Rektor Universitas Indonesia (UI), Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudin, Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Rektor Universitas Bengkulu (UNIB), serta Rektor Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UINFAS).

Rektor UNIB ketika mengajak siswa SMA berprestasi untuk melanjutkan kuliah di UNIB.(foto:hms1)

Bengkulu Leadership Program merupakan suatu program yang digagas Gubernur Bengkulu dengan tujuan untuk melahirkan penerus generasi muda Bengkulu yang berkualitas di masa depan. Program ini memberikan kesempatan bagi seluruh Ketua OSIS SMA/MA/SMK sederajat se-Provinsi Bengkulu untuk mengikuti seleksi, yang dari hasil seleksi tersebut bagi 10 besar predikat terbaik akan diberikan beasiswa melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi ternama di Indonesia seperti UI, UGM dan UNIB.

Pada seminar pendidikan dengan tema “Kontribusi Bengkulu untuk Indonesia” yang dipandu Dosen FISIP/Kepala UPT Perpustakaan UNIB Dr. Alfarabi, S.Sos, M.Sc sebagai moderator tersebut, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri menyampaikan materi pada sesi terakhir, setelah IPB, UGM, UI, Unsri, dan UINFAS. Kendati sesi terakhir, namun paparan Rektor UNIB mendapat sambutan paling antusias dari peserta yang memadati gedung Balai Buntar.

Tak hanya itu, stand pameran yang menyediakan berbagai informasi tentang UNIB dan tata cara seleksi masuk kuliah ke UNIB di pelataran gedung Balai Buntar, juga menjadi stand paling banyak dikunjungi peserta seminar baik siswa maupun para guru pendamping.

Stand Pameran yang menyediakan informasi tentang UNIB banyak dikunjungi peserta seminar.(foto:hms1)

Pada kesempatan yang baik itu, Rektor UNIB menjelaskan bahwa UNIB saat ini telah berkembang pesat dan tidak kalah dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dilihat dari ketersediaan program studi sarjana (S1) dan vokasi (D3), saat ini UNIB sudah memiliki beragam progam studi yang dapat mengakomodir peminatan siswa dan masyarakat. (Informasi lengkap tentang rincian program studi di delapan fakultas selingkung UNIB dapat diakses pada www.unib.ac.id, red).

Kemudian dari segi biaya, UNIB tergolong paling rendah dalam menetapkan UKT (Uang Kuliah Tunggal), dan terkait beasiswa UNIB juga menyediakan sedikinya 20 skema pembiayaan beasiswa yang dapat diakses para mahasiswa berprestasi. Begitupun terkait akreditasi, sebagian besar program studi di UNIB sudah berstatus terakreditasi B dan A (Unggul) berdasarkan akreditasi BAN-PT.

Lalu terkait akreditasi institusi yang pada saat ini UNIB masih berstatus terakreditasi B akan terus diupayakan untuk menjadi A (Unggul) secara nasional dan beberapa waktu lalu UNIB juga telah melakukan akreditasi internasional menggunakan lembaga akreditasi dari Eropa yaitu ACQUIN yang diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Akreditasi internasional tersebut dilakukan terhadap 59 program studi, jenjang S1, S2 dan S3, serta ditambah satu akreditasi untuk institusi.

Rektor dan Wakil Rektor II mengunjungi stand pameran UNIB di arena seminar pendidikan.(foto:hmas)

Jadi, perlu saya informasikan bahwa saat ini UNIB telah berkembang pesat dan tidak kalah dengan perguruan tinggi terkemuka lainnya. Biaya pendidikannya pun sangat murah dan banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berpestasi. Karen itu, Saya mengajak dan mengimbau adik-adik untuk memilih UNIB sebagai tempat melanjutkan kuliahnya, selain UI, UGM dan IPB,” ujar Rektor seraya mengatakan UNIB sangat mendukung Bengkulu Leadership Program yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Ikut mendampingi Rektor pada acara ini antara lain Wakil Rektor II UNIB Bidang Sumber Daya, Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D, Wakil Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dr. Yarjohan, serta Koordinator Bagian Umum dan Humas Wuryanto, S.P, Subkoodinator Tata Usaha Suwarso, S.H dan Subkoordinator Hubungan Masyarakat (Humas) Nursihati, S.Kom.[Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].