Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

KUI UNDIP bersama EduPlan Indonesia Menyelenggarakan Info Session Event bagi Mahasiswa

KUI UNDIP bersama EduPlan Indonesia Menyelenggarakan Info Session Event bagi Mahasiswa

Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro (KUI Undip) menyelenggarakan kegiatan “Info Session Event” dengan narasumber dari Eduplan Indonesia pada Jumat, 10 Maret 2023 pukul 09.00 – 11.00 WIB di Aula Prof. Darmanto Jatman, S.U., lantai 1 Gedung Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Kampus Tembalang Semarang. Dalam acara ini hadir Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. Narasumber yang diundang yaitu Yunius Cesar, S.E., M.B.A. dan Primadi, S.E., M.B.A. yang akan menyampaikan informasi tentang beasiswa studi lanjut di luar negeri.

EduPlan Indonesia adalah konsultan pendidikan yang bergerak di bidang rekrutmen mahasiswa di Indonesia untuk melanjutkan studi ke institusi perguruan tinggi di seluruh Eropa. Kegiatan ini memberikan beberapa solusi bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi di Eropa dan membantu mahasiswa dalam mengakses atau memperoleh beberapa informasi berharga mengenai cara belajar di Eropa.

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Undip, Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D yang menyampaikan pentingnya membina hubungan baik agar dapat lancar berkomunikasi, termasuk dengan KUI dan Eduplan. “If you have a dream, you have to believe in yourself and you have to invest your time and effort to reach your dream. Don’t be afraid to have a big dream, you will getting what you want,” ucap Hanifa.

Sesi diskusi bersama narasumber dipimpin oleh Wakil Kepala KUI Undip, Diastama Anggita Ramadhan, S.H., LLM. Narasumber pertama yaitu Yunius Cesar, S.E., M.B.A. yang merupakan alumnus S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro yang memaparkan topik mengenai “Peluang Studi Lanjut di Luar Negeri pada Jurusan Science, Technology, Engineering, and Mathematics”. Materi yang disampaikan Yunius Cesar berjudul “Excellent and Affordable Study in UK and Europe (Scholarship Available)”. Yunius Cesar menyampaikan informasi mengenai beberapa institusi pendidikan di Eropa seperti informasi mengenai fakultas, penerimaan, persyaratan, aplikasi, biaya kuliah, beasiswa, dan sebagainya. “Syarat utamanya yang pasti adalah skor IELTS. Untuk biaya hidup, dari berbagai negara di Eropa, di Belanda relatif murah dan mayoritas penduduknya dapat berbahasa Inggris,” ungkap Yunius Cesar.

Selanjutnya pemaparan oleh narasumber kedua yaitu Primadi, S.E., M.B.A. yang juga merupakan alumnus S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro yang memaparkan topik seputar “Peluang Studi Lanjut di Luar Negeri dengan Beasiswa dan Belajar serta Hidup di Luar Negeri”. Primadi menyampaikan kepada mahasiswa untuk yakin terhadap diri sendiri dan terus meningkatkan kesadaran tentang budaya lain untuk berinteraksi dan mencari informasi, pendapat, dan ide dari berbagai sumber selama belajar di Eropa. Mahasiswa diajak untuk mencari teman sebanyak mungkin dari seluruh dunia untuk memperluas koneksi serta menikmati waktu selama belajar di luar negeri, diselingi dengan menjelajahi Eropa dan menikmati budayanya. “Know your potential and challenge yourself out of your comfort zone. Dengan kuliah di luar negeri, kita bisa memiliki pemikiran yang lebih terbuka,” pungkas Primadi.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penutupan kegiatan dengan sesi foto bersama. Informasi beasiswa lebih lengkap dapat diakses melalui www.eduplanindonesia.com (Titis/Gabriela – Public Relations)