Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftar SNBP UNIMED 25.489, Dijamin 23 Ribu Peserta Tak Lolos Seleksi

Pendaftar SNBP UNIMED 25.489, Dijamin 23 Ribu Peserta Tak Lolos Seleksi

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) telah resmi ditutup pada tanggal 28 Februari 2023 lalu. Berdasarkan data dari Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), jumlah siswa yang mendaftar Universitas Negeri Medan berjumlah 25.489 pendaftar.

Rektor Unimed Prof. Syamsul Gultom berkata jumlah peminat yang mendaftar sebanyak 25.489, sedangkan untuk daya tampung UNIMED pada jalur SNBP sebanyak 2.547.”Kuota UNIMED pada jalur SNBP hanya 30%, hal ini sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh panitia pusat SNPMB 2023. Siswa yang akan menjadi calon mahasiswa di UNIMED akan bersaing secara ketat karena pada jalur SNBP Unimed hanya menerima 2.547 sehingga dijamin 23 ribu peserta tidak akan lolos seleksi. Pihak UNIMED berdasarkan rapat persiapan yang telah dilaksanakan pada 10 – 11 Maret 2022, tim penilai akan betul-betul memastikan hanya siswa yang eligble atau berprestasi secara akademik dan non akademik yang akan lulus SNBP di Unimed. Tim Juri penilai portofolio kami juga akan menilai secara objektif dan valid sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan,”.

Lebih jauh Rektor juga menyampaikan peminat prodi terbesar di UNIMED “Berdasarkan data yang kami dapat dari panitia pusat, Prodi favorit yang utama di UNIMED tetap dipegang oleh prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dengan peminat sebanyak 2.848 orang, Untuk Prodi PGSD selalu menjadi unggulan yang paling banyak peminatnya, setiap tahunnya selalu menempati urutan pertama peminat tertinggi pada penerimaan mahasiswa baru di semua jalur. Hal ini mengindikasikan, banyak masyarakat yang berminat kuliah di Prodi PGSD tersebut. Kemungkinan dilatarbelakangi oleh peluang kerja lulusan Prodi PGSD yang menjanjikan, dan peluang langsung kerja setelah tamat jadi acuan masyarakat. Selain PGSD prodi lainnya dengan peminat terbanyak adalah Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komputer, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Gizi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan TIK dan Pendidikan Matematika,”.

“Sekali lagi kami akan menilai seluruh portofolio yang masuk secara selektif dan valid sehingga siswa eligble atau berprestasi secara akademik dan non akademik yang masuk ke UNIMED. jadi bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus pada pengumuman kelulusan SNBP pada tanggal 28 Maret 2023 yang dapat dilihat pada laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau https://snbp.unimed.ac.id   jangan berkecil hati karena memang persaingan yang sangat ketat, karena siswa masih dapat mencoba di jalur SNBT yang koutanya lebih banyak dari SNBP. Kemudian setelah SNBT, juga masih ada jalur Seleksi Mandiri Unimed. Kunci suksesnya untuk bisa diterima kuliah di Unimed, sesungguhnya melalui banyak-banyak berdoa, berusaha belajar secara maksimal, dan persiapkan pengetahuan dan mental dengan baik. Tidak ada kata terlambat, jika ada niat baik dan kesungguhan untuk sukses, pasti akan ada jalan untuk meraihnya,” kata Rektor.

Untuk data pendaftar di Unimed sebanyak 25.489 orang peserta yang telah memilih 51 Program Studi di Unimed. Adapun sepuluh Prodi favorit dengan peminat terbanyak di Unimed pada SNBP 2023 yakni: (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2.848 peminat; (2) Manajemen 1.808 peminat; (3) Akuntansi 1.225 peminat; (4) Ilmu Komputer 1.190 peminat; (5) Pendidikan Bimbingan dan Konseling 1.040 peminat, (6), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1.020 peminat; (7) Gizi 988 peminat (8) Pendidikan Bahasa Inggris 821 peminat; (9) Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer 809 peminat; dan (10) Pendidikan Matematika 809 peminat.(Humas Unimed/zr)