Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Teknik Pertambangan FST UNJA Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum

Teknik Pertambangan FST UNJA Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum

MENDALO,- Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan “Lokakarya Pengembangan Kurikulum Prodi” yang berlangsung secara hybrid pada 10 Maret 2023, dengan pelaksaan luring di Aula Perpustakaan UNJA Mendalo dan daring via Zoom Meeting.

Lokakarya tersebut dihadiri oleh Dekan FST UNJA, Drs. Jefri Marzal, M.Sc.D.I.T., Kajur Teknik Kebumian, Dr. Lenny Marlinda, S.T., M.T., dan Kaprodi Teknik Pertambangan, M. Ikrar Lagowa, S.T., M.Eng.Sc., serta menghadirkan narasumber Dr. Pantjanita Novi Hartami, S.T., M.T. yang juga merupakan asesor pada pelaksanaan akreditasi Prodi tahun 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan dosen dan perwakilan mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan beserta stakeholder tamu undangan.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ir. Aditya Denny Prabawa, S.T., M.T. menyampaikan tujuan dari pelaksanaan Lokakarya yang diadakan.

“Lokakarya adalah program terakhir dari Prodi Teknik Pertambangan di semester ini, yang sebelumnya diawali dengan kuliah umum. Tujuannya merangkum saran, masukan, dan perbaikan agar Prodi kita bisa maju dan bersaing di skala nasional serta internasional,” ujar Ir. Aditya.

Kaprodi Teknik Pertambangan, M. Ikrar Lagowa, S.T., M.Eng.Sc. dalam sambutannya menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan lokakarya merupakan rekomendasi dari asesmen lapangan akreditasi Prodi.

“Kegiatan ini merupakan respons dari Prodi atas rekomendasi dari asesmen lapangan akreditasi Prodi pada tahun 2022 lalu yang alhamdulillah mendapat akreditasi Baik. Harapannya kita mendapatkan pencerahan bagaimana penyusunan kurikulum di Prodi kita,” tuturnya.

Kajur Teknik Kebumian, Dr. Lenny Marlinda, S.T., M.T., menyambut baik pelaksanaan lokakarya Prodi Teknik Pertambangan untuk merumuskan poin penting dalam penyusunan kurikulum.

“Saya sebagai Kajur sangat senang dan bangga terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Berdasarkan arahan asesor kemarin, kita harus memasukkan poin-poin tentang ‘keteknikan’ dalam kurikulum Prodi kita. Mohon arahannya dari narasumber kita untuk memberi arahan kepada kami untuk bisa memasukkan mata kuliah yang sesuai untuk dimasukkan ke kurikulum kita,” ungkap Dr. Lenny.

Terakhir, Dekan FST UNJA, Drs. Jefri Marzal, M.Sc.D.I.T., mengapresiasi Prodi Teknik Pertambangan yang sangat aktif melaksanakan berbagai kegiatan dan memberi peluang bagi mahasiswa mengikuti program MBKM.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada Prodi Teknik Pertambangan yang sudah berhasil melaksanakan tiga kegiatan dalam 1 bulan ini dan menjadi Prodi yang sangat aktif pada awal 2023. Pengembangan kurikulum berangkat dari tuntutan zaman dan juga pemerintah dalam lingkup MBKM. Ini juga menjadi peluang untuk Prodi memberikan hak mahasiswa mengikuti program MBKM sekaligus mengabulkan harapan dari Pak Rektor kita,” ujar beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS