Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Penerima BSI Scholarship Jalankan Social Project di Muaro Jambi

Mahasiswa Penerima BSI Scholarship Jalankan Social Project di Muaro Jambi

HUMAS UIN SUTHA – Mahasiswa penerima Beasiswa Bank Syariah Indonesia (BSI) laksanakan social project berupa pengabdian kepada masyarakat melalui program Sekolah Bank Sampah dan Daur Ulang atau disingkat SEBASADU (06/03/2023).

 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 14 mahasiswa penerimaan beasiswa yang merupakan mahasiswa UIN SUTHA Jambi. Sebelumnya mereka telah masuk dalam nominasi 9 rancangan program kerja terbaik secara nasional dan diminta untuk melanjutkan pengabdian kepada masyarakat

 

Implementasi rencana kerja para mahasiswa penerima beasiswa ini berlangsung mulai dari 13 Februari 2023 dengan diawali pembukaan dan workshop/seminar mengenai kesehatan lingkungan bersama pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dilanjutkan dengan materi tentang daur ulang di era modern dari RKPS Rumah Kreatif pemuda Siginjai.

 

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung lebih kurang selama 2 minggu di Desa Penyengat Olak, Kabupaten Muaro Jambi. Pelaksanaan kegiatan social project berupa pengabdian kepada masyarakat untuk menghidupkan budaya hidup sehat dan melakukan program 3R (Reduce, Recycle dan Reuse) sebagai upaya untuk menghidupkan nilai entrepreneur yang ramah lingkungan terhadap sampah rumah tangga untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat, khususnya ibu rumah tangga.

 

 

Selain menggunakan limbah plastik dan kertas sebagai media daur ulang, masyarakat juga diajak membuat gantungan kunci dari limbah biji sawit, pinang, plastik dengan memasukkan unsur-unsur cerita rakyat dari desa tersebut sebagai nilai yang memperkuat nilai seni dari sebuah karya supaya tidak terkesan kurang bernilai.