Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Serahkan Sertifikat Pendidik Kepada 14 Dosen

Rektor Serahkan Sertifikat Pendidik Kepada 14 Dosen

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D menyerahkan Sertifikat Pendidik kepada 14 dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jum’at (10/3).

Penyerahan Sertifikat Pendidik kepada 14 dosen yang berlangsung di Lantai 4 GMPU Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Rofiqoh Ferawati, ME.I, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Dian Mursyida, M.Ag, Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu Nurdin,S.Hum.M.Fil.I  , Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu  Drs. Ilyas, M.Ag, Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa Kholid Musyaddad, S.Ag, M.Ag dan para staf Lembaga Penjamin Mutu UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Dian Mursyida, M.Ag melaporkan, kegiatan pengelolaan sertifikasi dosen sudah dimulai sejak bulan Juni 2022. Proses pengelolaan sertifikasi pendidik ini tidak lagi mengirimkan data secara manual namun secara online yang diinput dari data PD Dikti oleh Kementerian Agama. Ada 89 orang dosen UIN Jambi yang melengkapi berkas dan setelah dilakukan seleksi maka ke 14 dosen inilah yang dinyatakan lulus hingga tahap akhir. Selanjutnya para dosen yang lulus seleksi ini kemudian mengikuti bimbingan dari operator yang kemudian dinilai oleh UIN Imam Bonjol Padang.

“Saat ini ada 72 persen dosen UIN Sulthan  Thaha Saifuddin Jambi yang telah memiliki tersertifikasi dan memiliki sertifikat pendidik, yang artinya telah melebihi target IKU yaitu 70 persen”, jelas Dian Mursyida.

Dalam arahannya, Prof. Su’aidi menyampaikan beberapa hal kepada para dosen yang hari ini menerima sertifikat pendidik. Ia meminta untuk bersyukur atas sertikat pendidik yang diterima dengan ditandai dengan ketaatan dan mengikuti segala aturan yang berlaku serta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tidak melanggar aturan, memecah belah atau adu domba dan melakukan hal-hal yang mencemarkan nama baik UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Ia juga menjelaskan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi saat ini tengah mengambil sejumlah langkah besar untuk mewujudkan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang terakreditasi unggul. Diantaranya, perankingan dunia, pendirian prodi baru, pendirian rumah sakit, Lembaga konservasi taman satwa dan sejumlah langkah besar lainnya. Untuk itu ia meminta dukungan kepada para dosen untuk saling bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.