Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UMSU Adakan Festival Karir Lahiran Lulusan Siap Kerja

UMSU Adakan Festival Karir Lahiran Lulusan Siap Kerja

Ciptakan lulusan yang siap kerja dan berwirausaha, Lembaga Pengembangan Karir dan Alumni (CDAC) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengadakan festival karir. Digelar di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri, No. 3 Medan, Rabu (2/3).

Kegiatan ini bagian dari komitmen UMSU meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor 3 UMSU Asocc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si pada pembukaan acara.

“Rangkaian kegiatan ini menjadi komitmen kita, agar lulusan UMSU mudah beradaptasi di dunia kerja,” kata Rudianto.

Mengingat 12-14% dari jumlah pengangguran adalah sarjana, maka mahasiswa harus dipersiapkan agar mampu menghadapi tantangan dunia kerja. Terlebih dengan adanya disrupsi, persaingan tidak lagi skala nasional namun juga internasional.

Sementara itu, ketua panitia Lufriansyah, S.E., M.Ak menjelaskan kegiatan ini merupakan puncak acara, sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan pengembangan karir, menyusun dan membuat cv, praktek interview hinhga pelatihan sitem lowongan kerja online.

Menghadirkan pembicara utama yakni Koordinaror Bidang SDM Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI, Ayi Nasrudin. Memberikan pemahaman terkait “Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia di Pasar Kerja Nasional Global”.

Selain mahasiswa turut hadir para mitra yaitu HR Community, BSI, Musimas, Indofood, PT. Bank Mandiri, PT. Asian Agree, Perum Bulog, Cinta Raja serta BPI Finance.