Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

UMSU Wakili Sumut Di Festival Melayu Day Yala Thailand

UMSU Wakili Sumut Di Festival Melayu Day Yala Thailand

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi wakil Sumatera Utara di Festival Melayu Day Yala, Thailand yang berlangsung sejak Jum’at-Minggu (24-26/2) diselenggarakan di Lapangan Gajah Putih (Sanam Chang Pueak) Kota Yala Thailand.

Festival Melayu Day Yala ke-8 kembali digelar Walikota Yala Thailand, setelah pandemi Covid-19 yang melibatkan 3 negara yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Melayu Day di Yala 2023 merupakan salah satu festival kebudayaan terbesar di selatan Thailand, khususnya di provinsi dengan penduduk mayoritas Melayu, antara lain Yala, Pattani dan Narathiwat.

Dalam Festival ini menampilkaan beberapa kegiatan seperti pawai, pentas kebudayaan, pameran pendidikan dan kebudayaan, promosi kuliner, stan jualan makanan halal serta pakaian muslim dan produk khas dari negara peserta.

Melayu day di Yala terlaksana atas kerjasama Konsulat Republik Indonesia Songkhla dengan Pemerintah Kota Yala, Thailand

Konsulat Republik Indonesia Suargana Pringganu, berharap dengan berpartisipasinya Indonesia pada festival ini, dapat memperluas informasi pendidikan, seni dan budaya hingga bekerjasama dengan berbagai negara.

Stand pendidikan UMSU, dikunjungi Wakil Gubernur Yala Mr. Theeruth Suphawiboonpol dan Walikota Yala Mr. Pongsak Yingchoncharoen serta lebih dari 3000 pengunjung setiap harinya.

Sementara itu, Adul Meatam selaku Staff Penerangan Sosial dan Budaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Songkla berharap, kedepannya UMSU tidak hanya menggelar pameran pendidikan saja.

“Kami berharap kedepannya, UMSU bisa partisipasi menampilkan budaya Melayu dan produk khas Kota Medan Sumatera Utara,” ujar Adul.

Begitu juga dengan UMSU, berharap kehadirannya di Festival ini, dapat menarik pengunjung untuk mengenal dan memilih UMSU sebagai tujuan melanjutkan pendidikan tinggi.