Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UMSU dan 50 Universitas Amerika dan Asean Bertemu Di Washington Dc

UMSU dan 50 Universitas Amerika dan Asean Bertemu Di Washington Dc

50 Perguruan tinggi yang berasal dari Amerika Serikat dan 8 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja dan Laos bertemu di JW Marriot Hotel Washington DC guna membangun kerjasama di bidang pendidikan tinggi dalam program US-ASEAN University Connections Initiative (17-24/2).

Pertemuan berlangsung selama sepekan itu diisi dengan kegiatan pelatihan, konferensi, dialog dan diskusi meja bundar. Hal itu guna membangun kesepahaman dan kemitraan yang efektif antar institusi berbagai negara tersebut.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara diwakili Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Rudianto, menjadi salah satu perguruan tinggi dari Indonesia yang dipilih oleh Kementerian Luar Negeria Amerika Serikat bersama UNHAS Makassar, UGM Yogyakarta dan UPH Jakarta untuk mengikuti program yang sangat penting ini.

Selain itu beberapa perguruan tinggi dari ASEAN antara lain Universitas Malaya Malaysia, Universitas Brunei Darussalam, Universitas Nasional Vietnam, Universitas Nasional Kamboja. Sedangkan dari Amerika Serikat antara lain Universitas Illinois, Universitas Tennesee, Universitas Oklahoma, Universitas Utah, Universitas California dan lainnya.

Program ini digagas oleh kementerian luar negeri Amerika Serikat lewat pengelola kegiatan Ideas Program dan secara teknis dilaksanakan oleh lembaga World Learning. Ini merupakan tindak lanjut dari US-ASEAN Summit 2022 yang menyepakati penguatan hubungan Amerika Serikat dan ASEAN melalui salah satunya kerjasama pendidikan tinggi.