Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

27 Siswa SMK 1 Perguruan “Cikini” Ikuti Pembukaan Kelas Pembinaan dan Pengembangan SDM oleh PT. Danamas Insan Kreasi Andalan (PT. DIKA) dan Juara Coding

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – Siswa SMK 1 Perguruan “Cikini” mengikuti pembukaan kelas pembinaan dan pengembangan SDM dari PT. DIKA pada Kamis, 9 Maret 2023 di Aula SMKN 4 Jakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh PT. DIKA ini diikuti oleh 120 siswa yakni 27 siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK 1 Perguruan “Cikini”, dan selebihnya siswa yang berasal dari SMKN 4 dan SMKN 36 Jakarta.

Selain dari PT. DIKA acara ini juga dihadiri oleh Pengawas SMK Sudin Pendidikan Jakarta Utara Wahidin Ganef, Kepala SMKN 4 Jakarta Rianto Tonga, Kepala SMKN 36 Jakarta Sri Tati Sugiarti, dan Rifat selaku Kepala SMK 1 Perguruan “Cikini” Jakarta.

“Program Juara Coding merupakan program yang sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang Software Developer, dan bentuk Link and Match antara sekolah dengan dunia industri, sehingga siswa yang telah mengikuti program ini bisa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri”, tutur Anwar Setiadi selaku Tim Hubinmas SMK 1 Perguruan “Cikini” yang mendampingi siswa pada acara terkait.

“Semoga kegiatan pelatihan ini dapat lebih banyak diselenggarakan oleh industri agar kompetensi siswa semakin bertambah guna mempersiapkan lulusan siap kerja”, ujar Mentari Diyah Utami selaku Koordinator Urusan RPL yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Senada dengan hal itu, Rahmat Ari Wibowo, Koordinator Urusan Kompetensi Keahlian TKJ juga menyampaikan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan siswa dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, dan pihaknya juga berharap setelah lulus siswa dapat segera terserap didunia Industri.

Pelatihan Juara Coding ini adalah sebuah program pendidikan yang diselenggarakan oleh PT. Danamas Insan Kreasi Andalan (PT. DIKA). Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi (skill) IT siswa yang berfokus pada pelatihan Software Developer yakni Software Quality Assurance (SQA) dan Robotic Process Automation (RPA) agar siswa siap menghadapi dunia kerja bidang digital dimasa mendatang.

Kelas pembelajaran akan dilaksanakan secara hybrid yaitu siswa dapat mengikuti pembelajaran secara daring dari sekolah masing-masing dan juga secara luring langsung di SMKN 4 Jakarta. Pelatihan ini akan dimulai pada 27 Maret 2023 dan siswa akan mengikuti paket pembelajaran selama 50 jam pelajaran (JP).

 “Semoga pelatihan ini dapat berjalan dengan maksimal dan bermanfaat bagi siswa dan sekolah. Kami juga berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) siswa dari sekolah-sekolah terkait”, papar Sulis selaku Direktur Utama PT. DIKA.

Edi Santoso Selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubinmas dan BKK berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi (skill) siswa dan sebagai bekal ketika mereka berkerja di perusahaan. Pihaknya juga berharap dapat menjalin kerjasama dengan PT. DIKA baik dalam hal rekrutmen perusahaan, Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan kerjasama lainnya. 

(ASGHOR)