Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Live In SMAHA: Semai Keakraban, Torehkan Pengalaman Tak Terlupakan

Live In SMAHA: Semai Keakraban, Torehkan Pengalaman Tak Terlupakan
Siswa SMAHA melakukan kegiatan Giat Profesi bersama induk semang.

Menginap di pedesaan? Itulah pengalaman berharga yang sudah dilakukan oleh siswa-siswi kelas 11 SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) angkatan 23. Setelah kurang lebih tiga tahun kegiatan Live In ditiadakan karena adanya pandemi, tahun 2023 ini adalah perdana kegiatan tahunan tersebut diadakan kembali.

Live In merupakan suatu progtam kegiatan di SMAHA. Pada kegiatan tersebut siswa-siswi tinggal di suatu desa dalam beberapa hari. Tidak hanya menginap lalu pulang saja, siswa-siswi juga dituntut untuk melakukan banyak hal, ingin tau lebih banyak tentang apa saja yang dilakukan ketika Live In ? Yuk simak ceritaku sampai akhir!

Desa Ngesrep Balong, Dusun Gedongan adalah lokasi Live In SMAHA ’23 yang lebih tepatnya berada di Kabupaten Kendal, Kecamatan Limbangan. Live In diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 7-11 Maret 2023. Matahari yang terik menemani siswa-siswi kelas 11 dalam perjalanan menuju Dusun Gedongan. Sesampainya di sana tak lupa kami untuk menunaikan sholat ashar berjamaah di masjid setempat. Kepala Dusun & Ibu Etik Ningsih selaku kepala sekolah tak lupa memberikan sambutannya, lalu seluruh siswa-siswi menuju rumah induk semang untuk perkenalan, menjelang malam siswa-siswi dan para warga sholat maghrib dan isya berjamaah di masjid, ada pula perwakilan dari siswa memberikan kultum usai sholat isya berjamaah.

Hari kedua di Dusun Gedongan, seluruh siswa-siswi menunaikan sholat tahajud di rumah masing-masing dan juga sholat subuh berjamaah di masjid dilanjutkan dengan dzikir pagi. Kegiatan pagi ini tidak berhenti di situ saja, tetapi dilanjutkan dengan Giat Domestik seperti membersihkan rumah. Ada pula Giat Profesi yaitu siswa-siswi mengikuti kegiatan para induk semangnya seperti petani, pedagang sayur, peternak, pedagang makanan, dan masih banyak lagi.

Pada malam hari terdapat kegiatan menonton bersama. Kami memutar film pendidikan yang diawali dengan pemutaran Video Dance Cover Wonderland dari SMA Islam Hidayatullah dan dilanjutkan dengan menonyon film The Lion King.

Organisasi di SMAHA seperti OSIS, ROHIS, PMR, Dewan Ambalan, dan Askar pun turut memberikan kontribusi dalam kegiatan Live In. Smaha Mengajar merupakan salah satu bentuk kontribusi yang diberikan oleh OSIS SMAHA 23. Pada hari ke-2 ini perwakilan OSIS mengajar di SD Negeri 03 Ngesrep Balong. Kami membuat roket air dan berinteraksi dengan para murid, sehingga memberikan pengalaman yang sangat berkesan dan juga menyenangkan. ROHIS dibantu dengan Askar pun memberikan kontribusi dalam kegiatan Lomba Anak-anak dan TPQ pada hari kedua dan ketiga. Live In 2023 juga memiliki kegiatan Giat Kemasyarakatan yang dilangsungkan pada hari ke-2 seperti mengajar TPQ dan pembuatan sabun cuci piring bersama Ibu-ibu warga Dusun Gedongan di kegiatan PKK.

Hutan pinus yang terdapat sungai pun menjadi salah satu lokasi yang dipilih oleh Dewan Ambalan untuk melakukan kegiatan Outbond di hari ke-3, pada tanggal 9 Maret 2023. Pada hari ke-4, kami menggelar pengajian akbar dengan pemateri Ustad Aiptu Anwar Salahudin. Beliau menyampaikan materi tentang Akhlakul karimah untuk menjalin ukhuwah islamiyah. Hari terakhir, yaitu tanggal 11 Maret 2023, kami mengadakan kegiatan Bakti Sosial, Bazar Sembako murah yang dibantu oleh seluruh siswa-siswi SMA Islam Hidayatullah, terdapat pula Pengobatan Gratis yang dibantu oleh PMR SMAHA yang sudah melalui pelatihan dan memiliki sertifikat dari PMI Kota Semarang.

Tanggal 11 Maret 2023 seluruh siswa-siswi SMAHA dan warga desa sholat dzuhur berjamaah dan berpamitan dengan Induk semang nya masing-masing. Hal itu menjadi penutup dalam Live In SMAHA 2023. Tentunya teman teman peserta Live In dari SMA Islam Hidayatullah sangat bersyukur telah melakukan kegiatan ini, dan mereka berharap agar suatu saat segala kebermanfaatan yang telah mereka berikan untuk warga Dusun Gedongan bisa menjadi amal jariyah untuk mereka. Sampai jumpa di Live In 2024.

Penulis : Khayyirah Putri, Siswi SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd., guru SMA Islam Hidayatullah.