Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

HASIL PEKAN ILMIAH 2023

HASIL PEKAN ILMIAH 2023

Pekan Ilmiah SMAN 1 Probolinggo merupakan momen kompetisi terbuka yang di tujukan untuk SMP/MTs sederajat di lingkup kota Probolinggo hingga Jawa Timur. Kompetisi ini terdiri dari lomba Olimpiade Sains dan Karya Tulis Ilmiah dengan nama COMPASS VI dan SPACE XI. Pendaftaran kompetisi ini di buka tanggal 23 Januari 2023, baik secara online dan offline. Tahap penyisihan COMPASS VI di lakukan pada hari Minggu, 5 Maret 2023 dan tahap final sepekan kemudian, yaitu hari Sabtu 11 Maret 2023. Semenatara SPACE XI batas pengumpulan naskah 28 Februari 2023 dan pengumuman finalis tanggal 5 maret 2023. Tahap diskusi dan presentasi pada hari yang sama dengan COMPASS VI yaitu Sabtu 11 Maret 2023.

Penjurian lomba Esai SPACE XI ini terdiri dari bapak Drs. Kholis Hasyim, M.M selaku pengawas SMA cabang Dinas Pendidikan wilayah Probolinggo; ibu Sri Maryuni, M.Pd selaku guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Probolinggo dan bapak Elga Renjana adalah Peneliti Ahli Muda BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Dengan aspek penilaian yang terdiri dari Efisiensi isi presentasi, Diskusi, Inovasi dan kreatifitas, Ketajaman analisa, Solusi yang di tawarkan, Kesesuaian tema dan konsep desain serta Presentasi yang menarik, maka pemenang SPACE XI jatuh pada MTsN 3 Malang sebagai juara 1, SMP 1 Dringu sebagai juara 2, MTsN 3 Malang kembali merebut juara ke 3 dan SMPN 5 Probolinggo meraih penghargaan The Best Presentator.

Lomba Olimpiade Sains COMPASS VI yang terdiri dari bidang Matematika, Georafi, Ekonomi, Biologi, Fisika dan Bahasa Inggris menghasilkan 36 siswa pemenang setelah melalui babak final pada hari Sabtu 11 Maret 2023. Selamat untuk para pemenang kompetisi dan seluruh peserta COMPASS VI dan SPACE XI TAHUN 2023 ini. Semoga semangat kalian  terus menyala sehingga membawa bangsa Indonesia ke puncak tertinggi di dunia. Aamiin