Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Asing Bipa UMSU Kunjungan Lapangan di Kota Medan

Mahasiswa Asing Bipa UMSU Kunjungan Lapangan di Kota Medan

Mahasiswa asing yang merupakan pembelajar BIPA UMSU melakukan kunjungan lapangan ke empat lokasi. Empat Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah pasar Medan Mega Trade Centre (MMTC), pasar petisah, Museum Perjuangan TNI, dan Istana maimun.

Dalam mempelajari bahasa Indonesia, khususnya bagi penutur asing, perlu dipahami bahwa keragaman budaya dalam masyarakat Indonesia mencerminkan pola pikir, gaya hidup, dan pola nilai etnis. Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia dapat dilihat sebagai perbedaan, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perbedaan ini dipelajari secara lintas budaya untuk melihat nilai- nilai psikologis masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, sebelum mengajarkan bahasa dari aspek kebahasaan (struktur bahasa Indonesia), maka perlu diajarkan (memperkenalkan) pengetahuan budaya daerah di Indonesia yang meliputi sistem nilai, sistem sosial, dan produk budaya dan implikasinya terhadap tindak tutur. Kegiatan kunjungan pasar ini penting bagi mahasiswa asing karena terkait dengan kepentingan survival di negara asing.