Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Inovasi Deteksi Kanker Gaster Raih Medali Emas Di Ajang Internasional

Inovasi Deteksi Kanker Gaster Raih Medali Emas Di Ajang Internasional

AG-ex (Advanced Gastric Cancer Smart Endoscopy Based Detector) sebuah inovasi deteksi Kanker Gaster dari mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya,  Sabet Medali Emas dalam bidang Innovation science di ajang Youth International Science Fair yang dilaksanakan di Bali, pada Minggu, 12 Maret 2023 kemarin.

Prestasi yang patut dibanggakan ini, kembali diukir 3 orang mahasiswa yang berkolaborasi lintas Fakultas dimana tim ini beranggotakan  Dhaffin Rayhzan Ferdian (PS Kedokteran/ 2022), Nur Farid Fadjar (Teknik Elektro Universitas Brawijaya/202) dan Andreas Sober Sinaga (Teknik Elektro Universitas Brawijaya/2021) dibawah bimbingan dosen Teknik Prof. Dr. Ir. Rini Nur Hasanah, ST., M. Sc., IPM.

Dhaffin menyampaikan bahwa, AG-ex (Advanced Gastric Cancer Smart Endoscopy Based Detector) sendiri merupakan sebuah inovasi endoskopi GIT (Gastrointestinal Tract) yang dapat mendeteksi sel kanker gaster dengan bantuan Internet of Things serta implementasi Artificial Intelligence menggunakan metode Machine learning dengan prinsip deep learning, tegasnya.

Menurutnya, alat ini diciptakan  untuk mengetahui  dysplasia ataupun sel-sel abnormal yang ada di dalam lumen lambung. Dengan bantuan Fiber Optic, pengambilan citra dapat diambil yang kemudian dilanjutkan proses segmentasi citra.

Lebih lanjut mahasiswa Kedokteran FKUB ini menambahkan, Kami berharap, inovasi ini dapat segera diimplementasikan di masyarakat di masa yang akan datang. Selain itu, inovasi ini juga mendapatkan penghargaan serta undangan sebagai delegasi Indonesia oleh pemerintah Tunisia pada tahun 2024 mendatang, harapnya (An4k/Humas UB)