Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Raih Cumlaude, Wali Kota Serang Jadi Lulusan Pertama pada Program Doktoral di Untirta

Raih Cumlaude, Wali Kota Serang Jadi Lulusan Pertama pada Program Doktoral di Untirta

SERANG-Wali Kota Serang H. Syafurdin, S.Sos., M.Si., meraih gelar Doktor pada Program Ilmu Manajemen Pendidikan dalam sidang terbuka di Ruang Multimedia, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa, 14 Maret 2023. Gelar ini merupakan gelar Doktoral pertama yang dikeluarkan oleh Untirta usai pembukaan program Doktoral pada bidang Manajemen Pendidikan pada tahun 2020 lalu.

Sidang ini dipimpin oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dengan Promotor Prof. Dr. Sudadio, M.Pd., Penguji Luar Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., dari Universitas Jambi, Penguji Utama; Prof. Dr. HM. Syadeli Hanafi, M.Pd., Prof. Dr. H. Yayat Ruhiat, M.Si., Dr. H. Suherman, M.Pd., Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., dan Dr. H. Aan Aspianto, S.Si., S.H., M.H.

Syafrudin berhasil meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan hasil disertasinya yakni ‘Pengaruh Kompetensi Manajerial, Kepemimpinan, Kewirausahaan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Produktivitas Sekolah Dasar se-Kota Serang’.

“Saya berpandangan bahwa kepala sekolah sebagai guru yang mendapatkan tugas yang memimpin dan membimbing di sekolah untuk menentukan maju mundurnya sekolah dan bermutu atau tidak bermutunya sekolah. Oleh karena itu, saya pastikan kepala sekolah harus punya pandangan ke depan dan bagaimana cara untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekaligus kualitas pendidikan di Kota Serang,” ujarnya saat dalam ujian disertasi terbuka tersebut.

Atas gelar yang dirahinya, Syafrudin berinisiatif akan ilmu yang didapatnya dengan otoritas yang dimilikinya di Kota Serang untuk membuat sebuah kebijakan peningkatan kualitas kepala sekolah.

“Hal pertama yang ingin saya lakukan adalah soal rekrutmen kepala sekolah ini harus punya kompetensi yang benar-benar harus memenuhi syarat. Kedua, pelatihan peningkatan mutu kepala sekolah. Ketiga, pemilihan kepala sekolah yang berprestasi dan kemudian keempat mengadakan diklat mutu bagi kepala sekolah. Jadi kepala sekolah harus punya mutu tambahan dibanding dengan guru,” tambahnya.
Penguji Prof. Ekawarna mengakui bahwa Promovendus sudah layak untuk menyandang gelar Doktor dan layak disebut sebagai Jawara intelektual.

Sementara Prof. Fatah sangat mengapresiasi Promovendus karena di tengah kesibukannya sebagai Wali Kota Serang tetapi bisa menyelesaikan perkuliahan selama lima semester bahkan bisa meraih nilai yang memuaskan.

“Saya doakan Pak Syafrudin panjang umur dan mendapatkan amanah yang lebih besar. Semoga berkah dan semakin bermanfaat pencapaian yang diraih oleh Pak Syafrudin,” katanya.

Direktur Pascasarjana Untirta Dr. Aan berharap dengan gelar Doktor yang disandang oleh Wali Kota Serang ini bisa membawa angin segar bagi masyarakat Banten dan Indonesia untuk semakin termotivasi dan memilih Untirta sebagai pilihan utama dalam meraih gelar Doktor maupun Magister.

Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Kartina, A.M., M.P., menuturkan, setelah memperhitungkan disertasi yang dikerjakan oleh promovendus maka promovendus berhak mendapatkan gelar Doktor Dengan Pujian atau cumlaude.

“Dengan hasil yang telah ditetapkan ini, promovendus diberi gelar akademik Dokotor Pendidikan bidang Manajemen Pendidikan dengan segala hak, kehormatan, dan kewajiban yang melekat pada gelar akademik Doktor tersebut,” tuturnya.(HI/AAP//VDF)