Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Seleksi ON-MIPA Tingkat Universitas, Apresiasi Kepada Mahasiswa Berprestasi Akan Ditingkatkan

Seleksi ON-MIPA Tingkat Universitas,  Apresiasi Kepada Mahasiswa Berprestasi Akan Ditingkatkan

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mulai menggelar seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) tahun 2023. Pembukaan seleksi tingkat universitas ini dilakukan di Lecture Theater General Building ULM Banjarmasin pada Selasa (14/3/2023). Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, SE., M.Si berkesempatan untuk memberikan sambutan secara langsung kepada para mahasiswa yang akan mengikuti seleksi ON-MIPA tingkat ULM. Dalam sambutannya, Dr. Rusmin menyampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa dan dosen yang memberikan partisipasi dalam ajang kompetensi ini.

Peserta seleksi ON-MIPA ULM tahun 2023 kali ini di antaranya sebanyak 43 orang di bidang Matematika, 56 orang di bidang Biologi, 44 orang di bidang Kimia, dan 41 orang di bidang Fisika. Seluruh peserta ini kemudian akan diseleksi menjadi 5 orang di masing-masing bidang yang akan dikirimkan sebagai perwakilan ULM di seleksi wilayah.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor juga menyampaikan adanya rencana untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi baik tingkat universitas, wilayah, dan tingkat nasional. Apresiasi tersebut diharapkan tidak hanya berupa uang, namun juga bisa berupa konversi SKS, bahkan hingga pembebasan skripsi atau tugas akhir. Apresiasi serupa juga dicanangkan untuk para dosen yang menjadi pembimbing mahasiswa dalam ajang kompetisi.

Pemberian apresiasi ini tidak lain direncanakan agar dapat memberi motivasi kepada para mahasiswa dan juga dosen. “Saya berharap ya, kegiatan ini memberikan arti yang penuh bagi Anda. Mendorong mahasiswa-mahasiswa ULM untuk berprestasi di tingkat nasional, sehingga sistem pemeringkatan mahasiswa ULM itu akan lebih baik lagi di tahun ini,” tutur beliau.

ON-MIPA merupakan ajang talenta mahasiswa yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud RI. Setiap tahunnya ULM berhasil mengirimkan mahasiswa sebagai perwakilan di tingkat nasional. Terdapat 4 bidang yang dilombakan di antaranya bidang Fisika, bidang Kimia, bidang Biologi, dan bidang Matematika.