Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Klinik Ibu Teresa SCU Menggelar Seminar Sehat Bersama SCU : “Pola Hidup Sehat”

Klinik Ibu Teresa SCU Menggelar Seminar Sehat Bersama SCU : “Pola Hidup Sehat”

Klinik Ibu Teresa naungan Soegijapranata Catholic University (SCU) atau yang lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata Semarang mengadakan Seminar Sehat Bersama SCU, dengan tema “Pola Hidup Sehat” pada Selasa (14/03) di Ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas Lantai 3, Kampus 1 SCU. Seminar ini merupakan  follow-up atau kelanjutan dari kegiatan Medical Check Up yang dilakukan pada Senin – Jumat, tanggal 16 sampai 20 Januari 2023 lalu di Gedung Henricus Constant, Kampus 1 SCU.

dr. Fransisca Melianie sebagai Koordinator Pelayanan Klinik Ibu Teresa sekaligus Ketua Panitia dari seminar ini menjelaskan data yang didapatkan dari kegiatan  Medical Check Up menunjukan bahwa ada sepuluh tren penyakit tertinggi, diantaranya ada hipertensi, obesitas, kolesterol, asam surat, dan gula. Ia menambahkan, karena tren penyakitnya tidak menular maka diputuskan untuk memberikan follow up dalam bentuk seminar yang bertajuk “Pola Hidup Sehat” dengan harapan dapat merubah gaya hidup peserta seminar yang merupakan karyawan dan dosen SCU.

dr. Meli menjelaskan Medical Check Up akan rutin dilakukan selama setahun sekali kepada seluruh karyawan dan dosen SCU. Jarak waktu selama setahun ini diambil dengan alasan bahwa Medical Check Up sendiri dapat mewakili riwayat kesehatan selama 3 bulan.

Seminar yang diselenggarakan pada pukul 13.00-15.00 ini mendatangkan dr. Monica Paotiana, M. Gizi dari Fakultas Kedokteran SCU sebagai narasumber. Beliau menjelaskan bahwa salah satu pola hidup sehat adalah konsumsi banyak protein, yang bukan hanya berasal dari ayam dan telur. Kandungan protein dalam ayam dan telur menurut dr. Monica masih terlalu sedikit jika untuk menerapkan pola hidup sehat.

dr. Meli berharap dengan adanya rangkaian kegiatan Medical Check Up dan follow-up berupa Seminar “Pola Hidup Sehat” yang rutin ini agar penyakit metabolik dan tidak menular lainnya yang diderita oleh seluruh karyawan dan dosen SCU dapat dihindari dengan baik.  [Humas SCU/Hil]