Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAHA Mengajar: Wadah Berbagi dan Menginspirasi Anak-Anak Pelosok Negeri 

SMAHA Mengajar: Wadah Berbagi dan Menginspirasi Anak-Anak Pelosok Negeri 
Keseruan Kak Hasan dan siswa SDN 03 Ngesrep Balong saat meluncurkan roket air.

SMAHA Mengajar merupakan program kerja (proker) unggulan dari OSIS SMA Islam Hidayatullah ‘23 di bidang pendidikan. Proker tersebut  baru saja terealisasikan dalam kegiatan Live In 2023.  Kegiatan  SMAHA Mengajar ini  dilaksanakan di SD Negeri 03 Ngesrep Balong Dusun Ngedongan, Desa Ngesrep Balong, pada Rabu 8 Maret 2023.

Tidak hanya melakukan kunjungan,  OSIS SMAHA ‘23 juga diberi kesempatan untuk mengajar. Pada pembelajaran ini dibagi dengan 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan di perpustakaan. Sedangkan sesi kedua berada di luar ruangan. Mengangkat tema “Peduli Pendidikan Berbagi Keceriaan”, OSIS SMAHA mengajak anak-anak SD N 03 Ngesrep Balong untuk dapat belajar dengan metode yang lebih menarik. Yuk, simak keseruan OSIS SMAHA Mengajar!!!

Selain untuk menjalankan program kerja, tentunya OSIS SMAHA berharap agar ilmu yang diberikan untuk anak anak di SD Negeri 03 Ngesrep Balong bisa berguna dan menjadi amal jariyah yang nantinya bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari hari. Adapun sasaran kegiatan meliputi peserta didik diharapkan bisa paham akan pembelajaran yang sudah dijelaskan oleh kakak OSIS SMAHA, tidak hanya itu tetapi mereka juga bisa menerapkan kedalam kehidupan sehari-hari. Di sana mereka berbagi pengalaman, materi, serta motivasi yang bertujuan meningkatkan semangat belajar adik-adik untuk meraih cita-cita yang tinggi. 

Kegiatan SMAHA Mengajar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Kak Zaki dan Kak Noura dari divisi Humas dan Bendahara. Untuk sesi pertama ini mereka memberikan materi kebangsaan yang berisikan game dan quiz pengetahuan umum. Antusias dari anak anak SD Negeri 03 Ngesrep Balong mendapat apresiasi dari OSIS SMAHA untuk memberikan beberapa hadiah berupa snack, buku tulis, botol minum, maupun alat tulis lainnya. 

“SMAHA Mengajar ini membuat aku tambah seneng buat belajar, makin seru dan tadi juga ada senam penguin yang buat aku sama temen temen makin semangat”, ujar Alfan Muzakki salah satu siswa SD Negeri 03 Ngesrep Balong yang sangat antusias dengan program kerja dari OSIS SMAHA 23 ini.

Tidak kalah menarik, sesi kedua dari SMAHA Mengajar juga membuat anak anak SD Negeri 03 Ngesrep Balong semangat dan menjadikan momen yang tidak terlupakan. Pada sesi kedua ini adik-adik bertemu dengan Kak Hasan dan Kak Kania selaku Wakil Ketua OSIS dan juga Divisi Bela Negara.

Roket air menjadi pilihan Kak Hasan dan Kak Kania untuk bisa menerapkan prinsip kerja fisika dengan praktik yang sangat menyenangkan, tetapi mampu difahami dengan jelas oleh anak-anak SD. Tidak hanya menyenangkan, anak-anak SD Negeri 03 Ngesrep Balong juga ikut bermain air ketika roket air itu diluncurkan. 

Kak Zaki mengajarkan cara pembuatan roket air.

Pada kegiatan pertama sesi kedua ini Kak Kania mengajarkan bagaimana cara membuat roket air dengan bahan bahan yang ada disekitar kita. Kak Hasan juga membantu untuk menjelaskan bagaimana cara kerja dari roket air ini sendiri. Dibantu dengan Kak Zaki, mereka mencontohkan bagaimana cara meluncurkan roket hanya dengan pompa ban. Anak-anak terlihat antusias dan mereka bergantian meluncurkan roket air yang telah mereka buat perkelompok.

“Pengalaman yang benar-benar menyenangkan kaka bisa bertemu dan mengajar adik adik SD Negeri 03 Ngesrep Balong, begitu menyenangkan dan bangga kaka bisa dipertemukan dengan program SMAHA Mengajar. Kaka harap, OSIS SMAHA akan semakin sukses dan dapat terus berbagi memberikan kebahagiaan serta motivasi untuk anak anak bangsa ke depannya,” ucap Kak Zaki

Pertanyaan yang sampai saat ini terlalu berat untuk dijawab adalah pertanyaan anak-anak yang berkata, “Kak, besok ke sini lagi kan? Ngajarnya sampai minggu depan?” Sungguh berat beban menjawab pertanyaan itu bagi kaka kaka OSIS SMAHA. Namun, dari pertanyaan tadi semoga dapat terus menyulut semangat para pemuda-pemudi untuk terus berbagi serta menginspirasi anak-anak pelosok negeri.

Penulis : Muhammad Zaki Wicaksono, Siswa SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Etwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.