Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Serunya Giat Profesi

Serunya Giat Profesi
Siswa SMAHA membantu induk semang membuat mabel triplek.

Giat profesi merupakan salah satu kegiatan yang kami lakukan ketika Live in SMAHA (SMA Islam Hidayatullah), 7-11 Maret 2023. Kami di sana ikut membantu profesi induk semang masing-masing. Ada yang bekerja sebagai petani, transportasi, pedagang, sayur keliling, membuat mabel triplek, dan lain-lain. Kegiatan kami di antaranya adalah membantu mencari rumput untuk pakan ternak, ikut pergi ke sawah, membantu membuat mabel , membantu induk semang berjualan, dan masih banyak lagi.

Giat profesi setiap kelompok berbeda. Kegiatan saya dan teman-teman kelompok 5 membantu ibu (Induk Semang) memasak, membersihkan rumah, mencuci piring, menyapu, dan lain-lain. Disana kami membantu ibu asuh di rumah karena beliau seorang Ibu Rumah Tangga. 

Siswa SMAHA membantu induk semang untuk bertani.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan giat profesi ini. Dengan giat profesi dapat menambah pengalaman juga pengetahuan kita tentang hal yang belum kita ketahui sebelumnya. “Oh ternyata begini ya kalau menjadi ibu rumah tangga. Oh begini ya cara menanam padi. Oh begini ya cara memberi makan ternak.”

Bahasa lainnya ternyata ada proses panjang sebelum beras itu bisa menjadi nasi. Dengan giat profesi mengajarkan kita untuk lebih banyak bersyukur dan menghargai setiap proses yang kita lakukan. 

Penulis : Aisyah Muna, Siswi SMA Islam Hidayatullah.

Editor   : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah.