Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Bursa Karir ITS ke-40 Gaet Puluhan Perusahaan Bergengsi

Bursa Karir ITS ke-40 Gaet Puluhan Perusahaan Bergengsi

Salah satu perusahaan yang tergabung dalam BKI ke-40, PT Gameloft Indonesia saat memaparkan tawaran lowongan pekerjaan kepada salah satu jobseeker

Kampus ITS, ITS News — Guna menjembatani sivitas akademika dan dunia kerja, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali gelar Bursa Karir ITS (BKI) ke-40 di Gedung Pusat Robotika ITS. Kegiatan yang diselenggarakan dua hari sejak Selasa (14/3) ini berhasil melibatkan31 perusahaan bergengsi, baik nasional maupun internasional.

Ketua Pelaksana BKI ke-40, Surya Hadi Kusuma ST MT menuturkan kegiatan BKI ini masih terus melibatkan berbagai perusahaan sebagai wadah bagi para jobseeker. Ditambah dengan ratusan tawaran karir yang sesuai minat dan keahliannya membuat kegiatan ini dinilai turut menjadikan calon pekerja dan perusahaan membentuk simbiosis mutualisme.

Tak hanya kuantitas, target perusahaan yang hadir dari berbagai sektor pun juga menambah keuntungan. Sebagai contoh, Huawei Tech Investment yang bergerak di sektor elektronik, Kilang Pertamina Internasional yang bergerak di sektor perminyakan, Alam Sutera Realty yang bergerak di sektor konstruksi, hingga pada sektor game, Gameloft Indonesia.

Diungkapkan Surya, pengadaan berbagai golongan perusahaan tersebut tentunya dipertimbangkan dengan melihat segala kebutuhan mahasiswa dan perkembangan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). “Semakin banyak tawaran jenis perusahaan, semakin mudah jobseeker untuk menggali dunia kerja lebih dalam dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Salah satu perusahaan ternama dari sektor keuangan dan perbankan, Bank Republik Indonesia juga turut hadir menyemarakan gelaran BKI ke-40

Dengan banyaknya perusahaan yang tergabung, dilanjutkannya, hal tersebut dinilai atas indikasi akan cakapnya sumber daya manusia yang dimiliki ITS. Dalam hal ini, lulusan ITS memegang peran penting atas terujinya para lulusan di dunia kerja. “Lebih lagi dengan cerminan alumnus ITS yang berkontribusi aktif di berbagai perusahaan besar,” tegasnya.

Di luar itu, dalam jalannya kegiatan, 31 perusahaan yang tersebar di berbagai sektor ini membuka stand industri guna memaparkan seluk beluk perusahaan. Tak menutup kemungkinan juga, stand akan digunakan sebagai tempat ajuan lamaran dengan melihat segudang lowongan dan kualifikasi pekerjaan yang dapat diakses dengan mudah oleh partisipan.

Menariknya lagi, para perusahaan juga turut berkolaborasi aktif dengan melakukan presentasi intensif kepada partisipan hingga penempelan selebaran pada salah satu bagian berkonsep Expose Job Vacancy. Nantinya, bagian ini akan berisikan informasi awalan seputar lowongan kerja yang memudahkan guna mencari dan membandingkan pekerjaan.

Potret antusiasme para partisipan dalam mencari tawaran karir yang sesuai minat dan keahliannya

Terakhir, melihat kualitas perusahaan yang ditawarkan, tak heran lagi bila dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini mengatakan bahwa kegiatan BKI berhasil menarik mata sivitas akademika dan masyarakat umum. Diketahui total partisipan yang telah mendaftar secara daring mencapai angka 3.500 pendaftar dan terus bertambah seiring pendaftaran secara luring di tempat.

Demikian, Surya juga berharap penuh akan penyelenggaraan BKI ke-40 menjadi ajang berharga bagi perusahaan dan DUDI untuk mencari talenta potensial dari ITS maupun dari masyarakat umum. “Tentunya dengan fokusan, para mahasiswa akan lebih siap bergerak dari fase pendidikan menuju fase dunia kerja,” pungkasnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi