Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

PSPPI FT Unila Gelar SNIP ke- IV Tahun 2023

PSPPI FT Unila Gelar SNIP ke- IV Tahun 2023

(Unila): Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) IV Tahun 2023 secara luring dan daring, Rabu 15 Maret 2023.

Acara bertajuk “Insinyur Indonesia Sebagai Pelopor Teknologi” dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., di Swiss-Belhotel Bandar Lampung. SNIP IV 2023 merupakan agenda rutin seminar ilmiah yang diadakan oleh PSPPI FT Unila.

Dalam sambutan pembukaan, Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM, menyampaikan apresiasi terhadap PSPPI FT Unila yang telah berhasil menyelenggarakan SNIP IV Tahun 2023 dengan sukses.

SNIP merupakan wadah berekspresi untuk kegiatan keinsinyuran yang berfokus pada pengembangan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna.

“Acara ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para insinyur dalam mengembangkan teknologi yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat, ” ujar Prof. Lusmeilia.

Ia berharap SNIP IV dapat menjadi wadah yang bermanfaat bagi para peserta untuk memperluas wawasan dan memperbaharui pengetahuan mereka dalam bidang keinsinyuran.

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana SNIP IV, Dr. Eng. Ir. Mardiana, S.T.,M.T.,IPM., SNIP IV dihadiri oleh 209 peserta. Para peserta terdiri dari pemakalah, mahasiswa dari kelas reguler PSPPI dan mahasiswa kelas kerjasama yang berasal dari Tanggerang dan OKU, Palembang.

Para pemakalah mengangkat topik yang beragam, yakni terkait inovasi di bidang keinsinyuran, mulai dari teknik sipil, mesin, elektro, komputer, informatika, kimia, lingkungan, arsitek, energi, pertambangan, geodesi, geologi, pertanian, kehutanan, perikanan, dan lainnya.

Adapun Keynote speaker yang hadir dalam gelaran SNIP IV diantaranya Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU., ASEAN Eng, Guru Besar Teknik Geofisika di ITB, Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, Dr. Ir. Habibie Razak, M.Eng.Sc., IPU. APEC Eng, ACPE, yang juga memiliki pengalaman yang luas dalam bidang insinyur dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT INKA dan Direktur Bisnis Bank Lampung, Bapak Ahmad Jahri, yang akan membahas tentang penerapan teknologi dan inovasi di sektor keuangan.

Ketiga narasumber memiliki pengalaman yang luas di bidangnya dan membawa perspektif yang berbeda dalam menghadapi tantangan industri 4.0.

Kaprodi PSPPI FT Universitas Lampung, Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng, menyatakan apresiasinya terhadap pelaksanaan acara SNIP IV 2023. Secara khusus ia mengucapkan terima kasih kepada PII Wilayah Lampung yang diketuai , Ir. Taufik Hidayat, M.M.,M.E.P, IPM, Dekan Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T.,M.Sc. dan seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan acara tersebut.

“Saya berharap acara SNIP IV 2023 dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu keinsinyuran di Indonesia. SNIP IV Tahun 2023 menjadi sebuah bukti nyata bahwa pandemi tidak menghalangi para insinyur untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang keinsinyuran. Dengan adanya SNIP IV Tahun 2023, diharapkan dapat mendorong dan mempercepat pemulihan ekonomi global melalui inovasi insinyur profesional,” pungkasnya. [Daffa]