Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Kelas X SMAN 1 Batu

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Kelas X SMAN 1 Batu

SMAN 1 Batu pertama kalinya menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Penerapan IKM dimulai di Kelas X pada tahun 2022 dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan topik “Kelola Limbah Agar Bumi Kita Tetap Indah”. 

Sebagai Implementasi Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Batu , dengan fokus pada peningkatan karakter peserta didik dalam aspek Pancasila dan gaya hidup berkelanjutan. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kesadaran siswa tentang nilai-nilai Pancasila serta mengajarkan perilaku ramah lingkungan dan berkelanjutan di lingkungan sekitar mereka.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gaya Hidup Berkelanjutan akan dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan yang meliputi diskusi, workshop, dan kegiatan lapangan. Kegiatan-kegiatan ini akan dirancang untuk membantu siswa memahami nilai-nilai Pancasila dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mempromosikan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Diharapkan proyek ini dapat membantu meningkatkan karakter siswa dan membuat mereka menjadi generasi yang lebih sadar akan nilai-nilai Pancasila dan keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan Aksi Nyata pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan topik “Kelola Limbah Agar Bumi Tetap Indah” meliputi :

  1. Talkshow Limbah dan Permasalahannya

  2. Sapu Bersih Pungut Limbah (SABERPUNGLI)

  3. Membuat produk dengan pemanfaatan Limbah.

  4. SMABA Show “Exotic dan Daur Extic”