Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Silaturahmi Awal Tahun Bersama SMA Negeri 1 Lepar Pongok Tahun 2023

Silaturahmi Awal Tahun Bersama SMA Negeri 1 Lepar Pongok Tahun 2023

   

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, silaturahmi ibarat tali yang terus menerus disambung dan tak berakhir. Tak pernah terputus dimakan zaman. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, SMA Negeri 1 Pemali pun tak pernah lelah untuk terus melestarikan budaya yang telah turun temurun sebagai tali yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, bersilaturahmi juga membuka pintu selebar mungkin menerima kunjungan silaturahmi.

Pertengahan Maret 2023 ini, SMA Negeri 1 Pemali kembali berkesempatan menjadi tuan rumah sebuah kunjungan persahabatan oleh SMA Negeri 1 Lepar Pongok. Seperti yang kita ketahui bahwa Lepar Pongok terletak di sebuah pulau yang masih berdekatan dengan Pulau Bangka. Oleh karena itu, kunjungan ini begitu berkesan bagi SMA Negeri 1 Pemali mendapatkan dua kesempatan kunjungan persahabatan dari sekolah yang berada di luar Pulau Bangka secara berurutan, setelah pada November 2022 lalu dikunjungi SMA Negeri 1 Manggar.

Keluarga SMA Negeri 1 Lepar Pongok setibanya di SMA Negeri 1 Pemali langsung disambut dengan tarian kolosal oleh siswi-siswi SMA Negeri 1 Pemali dari Sanggar Pelawan. Setelah itu, rombongan dipandu untuk menuju area Pendopo SMA Negeri 1 Pemali sebagai titik kumpul acara pembuka.

Acara pertama ini dibuka dengan formal oleh Nela Oktarina, M.Pd. sebagai moderator. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Sariwandi Syahroni, M.Pd. yang merupakan guru PAI di SMA Negeri 1 Pemali.

Setelah pembacaan doa, moderator mempersilakan Kepala SMA Negeri 1 Pemali, Eflina, M.Pd. untuk memberikan kata sambutan. Dalam membuka kata sambutannya, Eflina tak lupa melantunkan terlebih dahulu sebuah pantun yang merupakan budaya Bangka. Beliau juga menuturkan rasa senangnya mendapatkan kunjungan dari SMA Negeri 1 Lepar Pongok di awal tahun 2023 ini, yang pada hakikatnya silaturahmi persahabatan ini merupakan ruang bagi kedua sekolah untuk saling berkenalan dan berbagi, baik itu di bidang kurikulum, perpustakaan, maupun program sekolah, khususnya dalam dunia literasi.

Kemudian, moderator juga mempersilakan Kepala SMA Negeri 1 Lepar Pongok, Jasman, S.Pd. Ekop, M.Pd., untuk memberikan kata sambutannya. Membuka kata sambutannya, beliau juga tak ketinggalan menyematkan pantun pembuka sambutannya. Beliau lalu menyebutkan bahwa kunjungan mereka terdiri dari 25 orang guru dan 31 orang murid dimana semua murid itu merupakan pengurus OSIS SMA Negeri 1 Lepar Pongok.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Penguatan Literasi dari dan kepada kedua sekolah. Diwakili oleh Kepala SMA Negeri 1 Pemali dan Kepala SMA Negeri 1 Lepar Pongok. Lalu dilanjutkan dengan penayangan Projek Kurikulum Merdeka SMA Negeri 1 Pemali dan profil SMA Negeri 1 Pemali. Tidak hanya itu, juga ada penyerahan cendera mata dari dan kepada kedua sekolah oleh ketua OSIS dari tiap-tiap dua SMA ini.

Masih ada pemaparan program kerja (proker) oleh OSIS SMA Negeri 1 Pemali kepada pengurus OSIS SMA Negeri 1 Lepar Pongok dan di waktu yang bersamaan dilaksanakan pertandingan persahabatan cabang futsal putra dan putri antara SMA Negeri 1 Pemali dan SMA Negeri 1 Lepar Pongok di lapangan futsal SMA Negeri 1 Pemali dengan Ferry Natalani, S.Pd, selaku guru PJOK SMA Negeri 1 Pemali, sebagai wasitnya.

-Tim Jurnalistik OSIS SMA Negeri 1 Pemali-