Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pramuka MAN 2 Sleman Gelar Kemah Mahabakti ke-14

Pramuka MAN 2 Sleman Gelar Kemah Mahabakti ke-14

Sleman (MAN 2 Sleman)- Pramuka MAN 2 Sleman menyelenggarakan Kemah Mahabakti ke-14 pada hari Selasa-Rabu (14-16/03/2023) di Bumi Perkemahan Babarsari. Mahabakti merupakan agenda perkemahan yang dilaksanakan setiap tahun bagi siswa kelas X. Selama tiga hari, seluruh siswa kelas X wajib mengikuti kegiatan perkemahan yang dilaksanakan di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta. 

Sebanyak 191 siswa kelas X dan 60 panitia mengikuti kegiatan perkemahan, mereka sangat antusias serta semangat seperti yang disampaikan Pembimbing Pramuka Fajar AF Pradana, S.Pd. “Anak-anak sangat semangat untuk mengikuti perkemahan, sudah sejak jauh-jauh hari mereka mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan selama 3 hari, semangat juga terpancar di wajah panitia dewan ambalan kelas XI, semoga kegiatan kemah berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Kemah Mahabakti tahun ini mengangkat tema “Atraksi” yaitu Aktif, Terampil dan Berkreasi, dengan tujuan untuk membangun karakter para siswa. Saat ditemui reporter madrasah,  Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menyampaikan kegiatan kemah penting untuk kita laksanakan dan kita programkan setiap tahun. “Dengan kemah kita dapat membangun karakter siswa agar tercipta karakter yang disiplin, terampil, kreatif dan inovatif serta menumbuhkan kesederhanaan dan cakap dalam menghadapi tantangan kehidupan,” ujarnya.

Kegiatan diawali dengan upacara adat buka dengan pembina upacara Muhammad Amin, M.A. Dalam sambutannya, Amin mengingatkan kepada seluruh peserta untuk menjaga kelestarian alam. “Kita harus bisa bersahabat dengan alam, dengan makhluk Allah yang ada disini, senantiasa berdzikir, berdoa dan menjaga ibadah kita, semoga sampai berakhirnya kegiatan ini semua peserta sehat dan kegiatan berjalan dengan baik,” harapnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda yang telah disusun panitia, antara lain senam pagi, giat yel-yel, giat prestasi, jelajah malam, stand up, outbond, masak, reptile, bersih lingkungan, api unggun, fashion show, dan pentas seni serta upacara adat tutup. (Qoma)