Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pemeriksaan Berkala Kesehatan Remaja Menuju STEMSA Sehat

Pemeriksaan Berkala Kesehatan Remaja Menuju STEMSA Sehat

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”.  Pepatah ini yang terkadang orang lupa, kebanyakan dari kita menyadari pentingnya kesehatan setelah sakit atau disaat sakit. Disaat sehat tidak ada upaya untuk mencegah sakit. Yang terjadi adalah disaat sakit orang akan berupaya melakukan apa saja untuk bisa sehat. Pola ini harusnya dirubah. Lakukan segala hal untuk mencegah sakit datang. Maka sehat yang didapat.

Dalam rangka mencegah banyak upaya yang bisa dilakukan seperti yang dilakukan oleh SMK Negeri 01 Semarang bekerjasama dengan Puskesmas Halmahera. Pada hari Rabu, tanggal 8 Maret 2023 bertempat di aula sekolah diselenggarakan pemeriksaan berkala kesehatan remaja. Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Halmahera, guru, dan karyawan sekolah, serta dibantu oleh personil PMR Wira SMK Negeri 01 Semarang.

Tujuan dari kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala ini adalah sebagai langkah deteksi dini penyakit yang tidak menular pada remaja serta mengetahui kondisi kesehatan remaja. Sasaran kegiatan ini adalah siswa siswi SMK negeri 1 Semarang, sebagai sample diambil 4 kelas yakni X BC1, XBC2, XI TM1 dan XI TM2.

Petugas kesehatan Puskesmas Halmahera sebanyak 7 personil dipimpin oleh dr. Susilowati. Pada kesempatan tersebut dr. Susilowati menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan yang dilakukan meliputi keadaan umum tubuh, status gisi, gigi, tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, dan telinga. Untuk siswa putri dilakukan pemeriksaan tambahan berupa pengetesan Hb. Hal ini mengingat siswa putri rentan dengan sakit anemia. Selain itu juga dilakukan skrining gaya hidup meliputi gaya hidup (merokok) dan Napza serta kejiwaan.

Lebih lanjut, dr Susilowati mengatakan bahwa program ini akandilakukan secara berkelanjutan kerjasama puskesmas dengan sekolah yang melibatkan PMR. Rencana di bulan September akan dilakukan pemeriksaan yang sama untuk siswa baru. Seluruh pembiayaan kegiatan sepenuhnya ditanggung oleh anggaran dari puskesmas.

Penulis: Sunar, Guru SMKN 1 Semarang.