Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Juara I Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Mahasiswa UAD Juara I Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Tim Gardut Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Alfina Nurhaliza (kiri) dan Rahila Andini Salsabila (kanan) mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika juara 1 INOPEL Nasional (Foto: Istimewa)

Alfina Nurhaliza dan Rahila Andini Salsabila, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih juara I lomba Inovasi Media Pembelajaran (INOPEL) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta pada 25 Februari 2023.

Kompetisi INOPEL merupakan salah satu kegiatan perlombaan pada UPY Mathematics Festival yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh kampus yang ada di Indonesia. Lomba dilaksanakan secara daring dengan beberapa tahap. Tahap awal adalah pengumpulan karya, peserta diminta untuk membuat video berisi penggunaan media yang dikembangkan. Selanjutnya, 10 tim terbaik masuk ke babak final untuk mempresentasikan karyanya.

Alfina dan temannya membuat media pembelajaran yang cukup unik yang diberi nama “Gardut”, kepanjangan dari garis dan sudut. Alfina menjelaskan, “Sesuai namanya, media ini berisi materi tentang garis dan sudut untuk siswa SMP kelas VII. Media ini berisi materi pembelajaran yang dilengkapi dengan animasi bergerak, video pembelajaran, dan latihan soal.”

Media yang dikembangkan dibuat dengan tampilan menarik untuk meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dalam belajar matematika. Materi yang disajikan dilengkapi dengan animasi bergerak untuk membantu siswa memvisualisasikan materi tersebut. Selain itu, terdapat 2 video pembelajaran, beberapa soal latihan yang interaktif, dan kuis yang dilengkapi dengan skor perolehan.

Ungkapan kegembiraan muncul setelah diumumkan bahwa tim Gardut mendapat juara dalam kompetisi tersebut. “Saat kami lolos sebagai finalis 10 besar di antara semua peserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia, tentunya senang sekali. Kami sempat gugup saat hendak presentasi ketika final dilaksanakan, karena finalis yang presentasi merupakan pilihan terbaik dari sekian banyak kelompok. Namun kami juga optimis karena sudah mempersiapkan presentasi ini dengan baik, dan alhamdulillah respons juri saat selesai presentasi bagus,” jelas Alfina.

Gardut ini merupakan karya media pembelajaran proyek skripsi dari Alfina dan tim. Pembuatan medianya memakan waktu kurang lebih selama 1 bulan. “Kami hanya melakukan finalisasi media, membuat video penggunaan untuk mendaftar kompetisi, dan menyiapkan presentasi untuk babak final karena media ini sudah dibuat jauh sebelum mengikuti lomba ini,” tambahnya.

Tim Gardut berharap, “Semoga media yang kami ciptakan dapat dimanfaatkan lebih baik lagi, dan semoga ke depannya teman-teman mahasiswa UAD banyak yang berinovasi juga dalam membuat media pembelajaran, tidak hanya di bidang matematika, tetapi juga di bidang yang lainnya.” (roy)

uad.ac.id