Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Workshop Pengelolaan Turnitin bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan

Workshop Pengelolaan Turnitin bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan

(Unila): Dalam upaya untuk memperkuat sistem pengelolaan Turnitin, UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) menggelar Workshop Pengelolaan Turnitin Bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Unila, Rabu 15, Maret 2023 di Ruang Auditorium Lantai 3 UPT Perpustakaan Unila.

Workshop pengelolaan Turnitin dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila, Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D.Eng. Kegiatan ini menghadirkan pemateri, yakni Ketua Sentra Publikasi dan Kerjasama LPPM Unila Dr.Eng. Ir. Lukman Hakim, S.T., M.Sc.

Dalam sambutannya Ir. Khairudin mengatakan, penggunaan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan merupakan hal yang sangat penting tidak terkecuali pengelolaan Turnitin.

Sebagai aplikasi untuk mendeteksi plagiarisme dalam menghasilkan karya tulis ilmiah, pengelolaan Turnitin merupakan salah satu aspek penting bagi pustakawan dan pengelola perpustakaan.

Dirinya menambahkan bahwa pengelola perpustakaan memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan layanan kepada sivitas akademika lainnya. Pengelolaan Turmin menjadi salah satu tanggungjawab pihak perpustakaan terkait dengan plagiarisme dalam tugas akademik.

Salah satunya kita memberikan layanan yang harus kita sediakan adalah membantu mahasiswa untuk menghindari plagiarisme dalam tugas akademik, ” tuturnya.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik bagaimana cara menggunakan Turnitin untuk mendeteksi plagiarisme, serta bagaimana mengelola dokumen dan hasil pengujian dalam sistemnya. Semoga workshop ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan kualitas layanan UPT Perpustakaan Unila. [Angel]