Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UNJA dan University of Ljubljana Slovenia Sepakati MoU Riset, Pertukaran Dosen dan Mahasiswa, serta Kegiatan Ilmiah

UNJA dan University of Ljubljana Slovenia Sepakati MoU Riset, Pertukaran Dosen dan Mahasiswa, serta Kegiatan Ilmiah

SLOVENIA,- Universitas Jambi (UNJA) dan University of Ljubljana – Slovenia, menyepakati MoU dalam hal kerja sama riset kolaboratif, pertukaran dosen, dan mahasiswa, serta penyelenggaraan kegiatan ilmiah yang dilaksanakan di Ljubljana, ibu kota dari negara Slovenia, pada tanggal 15 Maret 2023 yang bertempat di Rektorat University of Ljubljana di Kongresni Trg.

Delegasi UNJA yang menandatangani MoU diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi, Ir. Yusrizal, M.Sc., Ph.D., memenuhi undangan University of Ljubljana untuk melaksanakan pendatanganan MoU antara University of Ljubljana – Slovenia dengan Universitas Jambi.

Dalam sambutannya, Ir. Yusrizal, M.Sc., Ph.D. menjelaskan bahwa kesepahaman yang tertuang dalam MoU ini merupakan bagian dari perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mencakup beberapa poin penting yakni: pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi riset dan publikasi, dosen tamu, serta kolaborasi penyelenggaraan seminar dan konferensi ilmiah dalam mendukung pencapaian visi UNJA SMART.

Rektor University of Ljubljana, Prof. Dr. Gregor Majdič dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan komitmen penuh dalam mendukung kerja sama ini, terutama MoU ini selaras dengan upaya internasionalisasi dan penguatan pertukaran pengetahuan dan riset secara global dengan keunggulan kajian pada masing-masing kawasan. Rektor University of Ljubljana saat ini sedang menyiapkan daftar program master dan doktoral yang akan diajukan ke pemerintah Indonesia untuk menjadi bagian dari daftar target beasiswa LPDP. Komunikasi dua arah juga dilakukan dengan kerja sama KBRI Wina di Austria dan PPI Slovenia dalam rangka pengembangan kerja sama pendidikan untuk memperluas akses mahasiswa dan dosen dari Indonesia dalam menempuh studi di Slovenia, termasuk dari UNJA.

Delegasi dari UNJA yang menyertai kegiatan ini adalah Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si. (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi UNJA), Prof. Dr. Ir. Zulkarnain, M.Hort.Sc. (Project Manager PIU AKSI-ADB UNJA), Dr. Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A. (Kepala UPT Layanan Internasional UNJA), Dr. Usman, S.H., M.H. (Dekan Fakultas Hukum UNJA) dan Rio Yusri Maulana, S.IP., M.I.Pol. (Mahasiswa S3 di University of Ljubljana dan Penerima Beasiswa AKSI-ADB UNJA) dengan delegasi dari University of Ljubljana yang hadir adalah Prof. Maja Klun (Vice Rector for ​Knowledge Transfer, Digitalization and Sustainable Development) dan Katja Cerar (Head of International Office, University of Ljubljana).

Dimas Anugrah Adiyadmo / Rio YM / HUMAS