Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa PBA UNJA Juara 3 Nasional Hifdzil Qur’an 20 Juz di Langsa Aceh

Mahasiswa PBA UNJA Juara 3 Nasional Hifdzil Qur’an 20 Juz di Langsa Aceh

JAMBI,- Aldo Pratama, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab FKIP Universitas Jambi (UNJA) angkatan 2021, berhasil menjadi Juara 3 Cabang Hifdzil Qur’an 20 Juz dalam gelaran “SIMBA X (Silahturahmi Mahasiswa Bahasa Arab)” yang berlangsung di Aula Barat IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Aceh pada tanggal 7 – 9 maret 2023.

Kegiatan yang diikuti 9 penghafal Quran dari seluruh Indonesia tersebut mengantarkan Aldo membawa pulang hadiah berupa piagam dan trofi juara. Keinginannya untuk membanggakan kedua orang tua, UNJA, dan pesantrennya membuatnya termotivasi mengikuti lomba tersebut.

“Motivasi saya yaitu agar bisa membanggakan kedua orang tua saya, serta mengharumkan nama Universitas Jambi dan pesantren tempat saya menghafal Al-Qur’an, dan juga memberikan motivasi kepada yang lain untuk menghafal Al-Qur’an,” ujar Aldo.

“Persiapan saya sebelumnya yaitu saya berusaha untuk memperjuangkan hafalan saya agar bisa lancar kembali untuk dilombakan pada SIMBA X Langsa Aceh, saya mencari waktu-waktu kosong agar bisa mengulang hafalan saya, namun dalam waktu yang lain saya juga sibuk dengan kuliah dan karir saya sehingga dalam selang-selang waktu itulah saya mencari kesempatan agar bisa mengulang kembali hafalan saya,” ungkap Aldo ketika menjelaskan persiapan yang dilakukannya.

Aldo berharap akan banyak lahir para hafiz-hafizoh Quran dari UNJA yang bisa mengharumkan nama Kampus Pinang Masak.

“Harapan saya ke depannya yaitu semoga banyak para hafiz-hafizoh Al-Qur’an yang kuliah di universitas Jambi, agar bisa menjadi kebanggaan dan penerus bagi para senior-senior,” jelasnya.

Helmun Jamil, S.S., M.A. selaku dosen pembimbing Aldo mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai. Beliau juga berterima kasih terhadap setiap dukungan yang diberikan FKIP UNJA dan berharap akan banyak mahasiswa FKIP yang berprestasi.

“Selamat atas prestasi yang diraih Aldo Pratama. Terima kasih sudah menjalankan semua arahan saat latihan singkat sebelum keberangkatan ke Aceh. Terima kasih sudah mengharumkan nama Universitas Jambi, wabilkhusus Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Sebagai Prodi dengan akreditasi unggul, PBA terus berupaya mencetak mahasiswa berprestasi dalam setiap level. Aldo adalah salah satu dari sekian banyak aset yang PBA miliki. Dimana sebelumnya Aldo juga menjadi Juara 1 Hafalan 10 Juz pada MTQ Mahasiswa antar FKIP se-Indonesia 2022. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas dukungan moril maupun materil dari seluruh unsur pimpinan FKIP sehingga Aldo bisa berprestasi di level nasional. Semoga semakin banyak mahasiswa FKIP yang berprestasi, aamiin,” ucap beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS