Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Unpad dan PNRE Ajak Mahasiswa Berkontribusi di Bidang Energi Terbarukan

Unpad dan PNRE Ajak Mahasiswa Berkontribusi di Bidang Energi Terbarukan

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Pertamina New & Renewable Energy (PNRE) mengadakan kegiatan bertema “PNRE University Outreach & Engagement: Energizing Future Talent” yang digelar di Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Jatinangor, pada Kamis (16/3/2023).

Dalam sambutannya, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menyampaikan harapan kepada para mahasiswa untuk berinovasi dalam memaksimalkan potensi pemanfaatan energi terbarukan yang ada di Indonesia, salah satunya dari gunung api.

“Saya yakin itu merupakan tantangan untuk teman-teman yang akan menjadi leader di masa depan, karena ke depannya energi fosil akan hilang,” kata Boy.

Selajutnya, Director of HR and Corporate Services PT. Pertamina Power Indonesia Said Reza Pahlevy menyampaikan bahwa jumlah sisa cadangan bahan bakar minyak yang ada di Indonesia hanya akan bertahan hingga 7 tahun ke depan. Oleh karena itu, dibutuhkan energi baru dan terbarukan sebagai sumber energi di masa yang akan datang.

Said juga menambahkan bahwa pengembangan energi baru dan terbarukan memang tidak mudah dan sangat kompleks, sehingga Pertamina membutuhkan talent-talent yang ada, khususnya di Universitas Padjadjaran.

Selain itu, Director of Exploration and Development Pertamina Geothermal Energy Tbk Rachmat Hidajat juga menyampaikan bahwa masalah energi ini menjadi isu global yang sangat penting. Saat ini sudah saatnya kita beralih dari bahan bakar minyak bumi ke energi baru dan terbarukan.

Rahmat menjelaskan potensi terbesar untuk energi terbarukan yang ada di Indonesia salah satunya adalah Geothermal. Tidak seperti minyak yang akan habis apabila terus menerus digunakan, jumlah Geothermal akan terus bertambah ketika sudah dikelola.

“Geothermal sangat reliable dan bisa memenuhi kebutuhan listrik yang diminta oleh PLN,” kata Rahmat.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga hadir salah satu alumni Universitas Padjadjaran Vina Muliana sebagai pembicara. Pada kesempatan tersebut, Vina memberikan materi mengenai cara mempersiapkan diri untuk memahami karier yang akan dicapai serta tips dan trik mengenai proses rekrutmen pekerja.

Pada kesempatan tersebut, Vina menyampaikan bahwa ada delapan kompetensi yang harus dimiliki seseorang saat akan memulai untuk berkarier, yaitu kemampuan untuk terus belajar,

kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kerjasama dalam tim, kepemimpinan, senantiasa menjunjung tinggi profesionalitas, serta selalu cakap dengan perkembangan teknologi.

Acara PNRE University Outreach & Engagement juga diisi dengan penyampaian informasi magang bagi mahasiswa dan rekrutmen pegawai bagi lulusan Unpad. Sebelumnya, sejumlah pimpinan Unpad melakukan audiensi dengan pihak PNRE untuk menjajaki berbagai kemungkinan kerja sama lain yang potensial dilakukan. (arm)*