Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi PBI UAD Raih Akreditasi Unggul

Prodi PBI UAD Raih Akreditasi Unggul

Tim Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 15 Februari 2023. Dengan nilai yang sangat memuaskan yaitu 384, akreditasi tersebut berlaku mulai 14 Februari 2023‒14 Februari 2028.

Sucipto. Ph.D. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) PBI UAD menyampaikan kepuasan dan harapannya pada PBI UAD. “Dengan akreditasi unggul, PBI UAD siap menjadi prodi yang ideal bagi para lulusan SMA yang berminat dalam pengajaran bahasa Inggris dengan tambahan keterampilan edupreneurship,” jelasnya.

Proses pengajuan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) telah dilakukan PBI UAD sejak tahun 2021 untuk mempertahankan akreditasi A-nya. Borang IPEPA disusun pada masa pandemi Covid-19 dan berhasil diajukan pada November 2021. Selanjutnya, pengajuan tersebut mendapatkan respons dengan Asesmen Lapangan (AL) yang dilaksanakan secara daring pada 30‒31 Januari 2023.

Asesor yang bertugas dalam kesempatan itu adalah Dr. Ngadiso, M.Pd. dan Prof. Dr. Jauharoti Alfin, S.Pd., M.Si. Karena AL dilaksanakan secara daring, maka PBI UAD dapat mengundang alumni dan stakeholders untuk diwawancarai oleh asesor meskipun mereka tidak berada di Yogyakarta. Secara keseluruhan, AL berjalan dengan lancar meskipun sedikit menegangkan seperti pada umumnya.

Berkat usaha yang maksimal, PBI UAD berhasil mempertahankan akreditasi unggulnya. Dengan nilai sebanyak 384, PBI UAD juga menjadi prodi dengan nilai akreditasi tertinggi se-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD. Setelah ini, diharapkan PBI UAD bisa terus mengembangkan inovasi baru untuk mencetak calon pendidik yang berkualitas. (tsa)

uad.ac.id