Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Disfungsi Lampu, KKN UAD Perbaiki Penerangan Jalan di Padukuhan Jati

Disfungsi Lampu, KKN UAD Perbaiki Penerangan Jalan di Padukuhan Jati

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) perbaiki penerangan di Padukuhan Jati Gunungkidul (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 Unit XXVII.C.3 melaksanakan program perbaikan, perawatan, dan pemeliharaan lampu jalan di Padukuhan Jati, Candirejo, Semanu, Gunungkidul. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada 14, 17, dan 28 Februari 2023.

Inisiasi program didasari atas keluhan warga terhadap adanya disfungsi beberapa lampu jalan yang sudah mati. Hal itu membuat pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara kendaraan lainnya merasa kesulitan saat melintasi jalanan di malam hari. A. Hanief Alfadhil Sulaeman selaku ketua unit menuturkan bahwa program ini juga perlu dilakukan untuk menunjang aktivitas warga.

“Selama ini masyarakat resah karena lampu jalan di daerah mereka tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, belum ada penanganan dari pihak yang berwenang terkait permasalahan tersebut. Maka, tim KKN UAD berinisiatif untuk melakukan perawatan dan perbaikan itu,” ujar Hanief.

Adapun kegiatan pemeliharaan yang dilakukan berupa perbaikan jaringan listrik, penggantian lampu, dan pengecekan kondisi lampu penerangan di sepanjang jalan. Total terdapat kurang lebih 80 lampu penerangan baru yang dipasang sepanjang jalan di 4 RT Padukuhan Jati. Dalam pelaksanaannya, tim KKN UAD bekerja sama dengan Karang Taruna Padukuhan Jati untuk melakukan pemeliharaan instalasi listrik.

Mereka juga membagikan leaflet kepada masyarakat terkait cara pemeliharaan instalasi listrik. Ke depannya, jika ada disfungsi yang kembali terdeteksi, masyarakat diminta untuk melaporkan hal tersebut kepada karang taruna atau pengelola lampu jalan setempat. Sebab, jalanan yang gelap dapat menurunkan konsentrasi pengendara dan mengurangi rasa aman para pengguna jalan.

Dengan penerangan yang baik, maka dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan terhadap kecelakaan atau tindak kriminal. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi jalan yang gelap. (tsa)

uad.ac.id