Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Kepala Biro AAKK UIN SU Ikuti Sosialisasi Kerja sama Luar Negeri

Kepala Biro AAKK UIN SU Ikuti Sosialisasi Kerja sama Luar Negeri

Medan (UIN SU)
Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja sama (AAKK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd , mengikuti kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pemberian Rekomendasi Perizinan Orang Asing di Bidang Agama. Kegiatan ini digelar di Gedung Auditorium Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Kamis 16/03/23.

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan UIN RF Palembang.

Ibnu Sa’dan dalam keterangannya menyampaikan PMA No. 3 Tahun 2023 merupakan PMA pengganti dari PMA No.6 Tahun 2016 tentang tata cara pengurusan dokumen orang asing bidang agama.
Beberapa hal yang baru dari PMA No. 3 Tahun 2023 diantaranya perubahan nomenklatur subjek rekomendasi, memberikan batasan melalui tugas kepada orang asing bidang agama dan rekomendasi wilayah menjadi pilihan dapat melalui kankemenag atau kemenag provinsi.

Menurutnya diterbitkannya PMA No. 3 Tahun 2023 ini diharapkan agar pemberian rekomendasi perizinan orang asing di bidang agama dilakukan secara selektif, tepat manfaat, terukur dan transparan.

“Untuk meningkatkan keamanan negara dan tertib administrasi pengurusan dokumen dan penggunaan orang asing di bidang agama, maka diperlukan pengaturan mengenai pemberian rekomendasi perizinan orang asing di bidang agama agar lebih selektif, tepat manfaat, terukur dan transparan”, jelasnya.

Ditambahkan, orang asing di bidang agama terdiri atas Tenaga Kerja Asing (TKA), yang meliputi rohaniwan, pengajar, dan tenaga ahli, mahasiswa/mahasantri, dan pelajar/santri.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua tim kerjasama luar negeri Dr. Khoirul Huda, mewakili Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, para utusan Perguruan Tinggi dan lembaga keagamaan. (Humas)