Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pesan Rektor SCU Kepada 649 Wisudawan; Menjadi Pribadi yang Adaptif

Pesan Rektor SCU Kepada 649 Wisudawan; Menjadi Pribadi yang Adaptif

Sabtu (18/03) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Universitas Katolik Soegijapranata menggelar wisuda periode I tahun 2023 yang diikuti oleh 649 wisudawan dari program diploma (d3), sarjana (s1), magister (s2), dan doktor (s3). Wisuda yang digelar di Gedung Albertus ini diselenggarakan dalam tiga sesi dari pukul 08.00 – 19.30.

Salah satu wisudawan yang mewakili seluruh wisudawan untuk memberikan sambutan pada sesi 1, Olivia Leony dari Program Studi S1 Teknologi Pangan. Ia menyampaikan bahwa prosesi wisuda ini adalah bukti bahwa para mahasiswa telah melewati salah satu proses yang sangat sulit di hidup mereka. Bukan merupakan sebuah akhir, Leony menjelaskan bahwa wisuda ini adalah sebuah awal dan langkah baru untuk para wisudawan menghadapi tantangan-tantangan baru di dunia kerja yang jauh berbeda selama menempuh perkuliahan.

Rektor SCU, Dr. Ferdinandus Hindiarto, juga menegaskan dalam sambutannya untuk para wisudawan dapat menjadi pribadi yang adaptif. Sama seperti Leony, Ferdi juga menegaskan bahwa wisuda ini merupakan suatu pembuka babak baru bagi para wisudawan dalam rentang perjalanan hidup mereka.

“Salah satu tantangan yang pasti adalah dunia yang semakin cepat berubah dan situasi yang semakin sulit diprediksi, dunia yang semakin kompleks. Menghadapi situasi demikian, saya merumuskan satu karakter yang harus anda miliki dan kembangkan terus menerus, yaitu menjadi pribadi yang adaptif. Perubahan boleh terjadi namun jika kita mempunyai karakter yang adaptif, semua bisa dilalui bahkan kita akan terus bertumbuh dan berkembang.” tuturnya. 

Karakter adaptif secara lahiriah sudah ada dalam diri setiap individu sejak kecil, dimana setiap individu akan terus beradaptasi dengan perubahan. Namun karakter ini akan terus berkembang jika terus dilatih dan diasah. Rektor SCU berpesan agar para lulusan SCU tidak bersikap skeptis terhadap perubahan, berani menanggapi segala perubahan dengan mindset dan sikap yang positif, sehingga berani melakukan perubahan secara konkrit dalam tindakan.

“Jawab semua perubahan dengan 4 huruf, S-T-N-K, Siap Tok No Kulo. Alumni SCU harus menjawab perubahan dengan 4 huruf ini. Semoga apa yang anda alami, geluti dan kembangkan di kampus ini dapat menjadi bekal yang cukup untuk anda berkarya mengabdi pada tanah air dan kemanusiaan. Bersiaplah selalu untuk berubah, menjadi pribadi yang adaptif, dan jangan skeptis terhadap perubahan.” tutup Rektor SCU. [Humas SCU/Hil]