Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

HIMATIKA FIP UMJ Gelar Kompetisi Matematika Antar SMA Se-Jabodetabek

HIMATIKA FIP UMJ Gelar Kompetisi Matematika Antar SMA Se-Jabodetabek

Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FIP UMJ gelar Kompetisi Matematika Antar Pelajar (KMAP) SMA sederajat se-Jabodetabek dengan tema Explore Your Mathematic’s Potency To Be Smart Generation pada Sabtu, (18/03/2023). Rangkaian kegiatan digelar di dua lokasi yaitu Auditorium dan Ruang Kelas FIP UMJ.

Sebanyak 65 peserta melewati rangkaian kompetisi yang terdiri dari tiga babak di Ruang Kelas FIP UMJ. Setiap babak, peserta mendapatkan tipe soal berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan yaitu soal pilihan ganda, esai, dan cerdas cermat.

Meskipun tampak raut tegang, para peserta bersil melewati babak pertama dalam waktu satu jam secara sportif. Peserta yang lolos babak pertama akan melaju ke babak kedua dengan kategori soal yang lebih kompleks. Sementara itu, peserta yang tersaring dari babak kedua berkesempatan mengikuti babak final berupa cerdas cermat yang digelar di Auditorium FIP UMJ.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc., berpesan kepada seluruh peserta untuk bertindak jujur dan sportif dalam kompetisi.Goals kita bukan untuk bersaing satu sama lain, melainkan yang utama adalah bersaing dengan diri sendiri dengan mengukur sejauh mana kemampuan dan pemahaman kita,” ungkap Rahimta.

Kompetisi Matematika Antar Pelajar (KMAP) 6 adalah program yang menjadi fokus utama HIMATIKA FIP UMJ periode 2022-2023. Program tersebut merupakan salah satu upaya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dalam mengenalkan matematika sebagai ilmu yang menyenangkan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Raynanda Valerian Santoso, peserta asal SMA Charitas yang berhasil menyabet juara 2. Ia mengaku mendapat soal-soal sulit sehingga dirinya tertantang untuk ikut kembali di kompetisi tahun mendatang. “Harapannya tahun depan bisa ikut lagi dan bisa menang lagi,” ujar Rinanda.

Gubernur mahasiswa FIP UMJ, Gilang Ramadhan mengatakan organisasi mahasiswa (ormawa) adalah wadah untuk menunjang prestasi akademik siswa yang memerlukan bentuk implementasi dari pembelajaran yang telah diperoleh di sekolah. “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan soft skill serta pengalaman dan relasi teman-teman peserta,” ujar Gilang.

Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc., Kaprodi Pendidikan Matematika memberikan sambutan di Auditorium FIP UMJ, Sabtu (18/03/2023).

Alumni Pendidikan Matematika FIP UMJ yang saat ini berprofesi sebagai guru di berbagai sekolah menengah turut mendukung program KMAP 6 dengan mengajak para siswanya untuk mengikuti kompetisi. Selain pengalaman yang berharga, seluruh peserta juga mendapatkan voucher pendaftaran mahasiswa baru UMJ.

Rangkaian kegiatan lain dari KMAP 6 adalah seminar yang dikhususkan bagi guru pendampung peserta yang mengusung tema Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika dengan narasumber Dosen Prodi Pendidikan Matematika Dr. Ririn Widyasari, M.Pd., dan Arlin Astriyani, M.Pd., . Seminar membahas tentang sistem kurikulum merdeka yang kerap dianggap lebih rumit dari kurikulum sebelumnya. (MT/KSU)