Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Calon Lulusan UNIB Dibekali Tips Menghadapi Persaingan Dunia Kerja

Calon Lulusan UNIB Dibekali Tips Menghadapi Persaingan Dunia Kerja

CAREER Development Center (CDC) Universitas Bengkulu menggelar pelatihan Memasuki Dunia Kerja bagi para calon lulusan UNIB sebelum mereka diwisuda. Kegiatan ini berlangsung di ruang 2 Gedung Layanan Terpadu (GLT) UNIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum, Kamis (9/3/2023).

Wakil Rektor III UNIB Dr. Candra Irawan, ketika membuka acara.(foto: cdcunib).

Dengan pelatihan ini diharapkan para calon lulusan UNIB lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja yang terbatas jumlahnya. Sebab dalam persaingan kerja kemampuan akademik saja tidak cukup untuk diandalkan. Dibutuhkan softskill, etika dan mentalitas yang kuat untuk mampu bersaing dan sukses memperebutkan pekerjaan yang diharapkan.

Relevan dengan kondisi kekinian, maka tema yang diusung pada pelatihan ini adalah “Prepared Your Career in The VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) Era.” Untuk membahas tema tersebut sekaligus memberikan tips dan kiat sukses bagi lulusan UNIB dalam menghadapi persaingan dunia kerja, panitia acara menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dan berpengalaman.

Narasumber menjelaskan tentang tips dan kiat menghadapi persaingan dunia kerja.(foto:cdcunib).

Kedua narasumber tersebut yaitu, Fitriani Putrari, M. Psi, Psikolog dari PKSS BRI Group  yang membahas tentang “Tips dan Trik dalam Menghadapi Tes Wawancara” dan Yusuf Kurniawan, S.Pt, M.Si, selaku Founder dan CEO Toboponik Bengkulu yang mengupas tentang “Kiat Sukses Membangan Bisnis”.

Namun sebelum mendengarkan paparan dari narasumber, puluhan peserta pelatihan yang berasal dari berbagai fakultas selingkung UNIB, terlebih dahulu diberikan pengarahan tentang tata cara pengisian kuisioner treasure study yang disampaikan Fransiska Timoria Samosir, S. Sos, MA selaku Koordinator Bidang Treasure Study CDC UNIB.

Fransiska Timoria Samosir berharap seluruh peserta pelatihan dan lulusan UNIB lainnya dapat memahami dan berpartisipasi dalam pembuatan akun serta aktif mengisi kuesioner treasure study yang telah disiapkan KEMDIKBURISTEKDIKTI. Partisipasi lulusan dalam mengisi kuesioner treasure study dapat memudahkan pelacakan alumni dan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi optimalisasi data record alumni Universitas Bengkulu.

Fransiska T Simosir menjelaskan tentang pembuatan akun dan pengisian treasue study.(foto:cdcunib).

Hal serupa disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Candra Irawan, ketika menyampaikan sambutan. Pada kesempatan itu, selain mengapresiasi terlaksananya kegiatan pelatihan memasuki dunia kerja ini, Dr. Candra Irawan juga mengimbau seluruh alumni UNIB untuk aktif mengisi kuesioner treasure study.

“Salah satu indikator kemajuan perguruan tinggi adalah seberapa berhasil dan sukses alumninya. Karena itu maka data record alumni sangat penting. Dan oleh sebab itu, saya mengimbau agar seluruh alumni UNIB dapat berpartisipasi mengoptimalkan data record melalui treasure study,” ujar Dr. Candra Irawan.[Koresponden : Agung Trisusilo. Editor : Purna Herawan/Humas].