Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Dewi Angelina Dosen FIB Unej Jadi Angelina Jolie Saat Mengajar

Dewi Angelina Dosen FIB Unej Jadi Angelina Jolie Saat Mengajar

Jember, 17 Maret 2023
Dosen Mata Kuliah Keaktoran Program Studi Sastra Indonesia FIB Universitas Jember punya cara yang unik saat mengajar. Dewi Angelina selalu memakai costum player (Cosplay) kala memberikan materi kepada mahasiswanya. Seperti hari Jumat (17/3) ini dirinya memakai cosplay Maleficient. Sosok penyihir dalam film Holywood yg diperankan aktris tenar Angelina Jolie.

Menurut Dewi Angelina, dirinya memakai cosplay, untuk memberikan semangat kepada mahasiswa didiknya. Sebab, jam perkuliahan pagi dimana para mahasiswa masih dalam keadaan ngantuk. “Pada akhirnya saya berinisiatif karena kuliah pagi, baiasanya ngantuk kan? Mahasiswa, jadi saya pakai cosplay, banyak sih kostum di semester lalu karena saya ngajar Teater, motivasi saya untuk menarik perhatian mahasiswa supaya mereka tetap fokus saat saya menyampaikan materi,” katanya.

Lalu dirinya menuturkan, tidak semua mata kuliah dirinya menggunakan kostum biasanya mata kuliah tertentu yang salah satunya mata kuliah Keaktoran dan Teater. Ditahun ini tidak ada mata kuliah Teater, dirinya mendapatkan kelas dari Program Studi Televisi dan Film yaitu kelas Keaktoran.

“Diluar mata kuliah tersebut tentu tidak, untuk mata kuliah MKU dan Bahasa Indonesia masa iya menggunakan cosplay? Jadi biasa saja, kalau dosen waras kan ya pake batik, kalau saya kan gak waras jadi beda dengan yang lain yang penting outpunya tetap OK untuk mahasiswa saya,” guraunya.

Dirinya berkeinginan situasi perkuliahan lebih menyenangkan sehingga memberikan kesan baik bagi mahasiswa. Ada beberapa kostum yang telah dirinya gunakan seperti siluman Rubah, minnie mouse, Vampir, Putri Salju dan nuansa horror.

“Untuk kostum, saya menggunakan barang-barang yang sudah tidak dipake dirumah, seperti tongkat yang saya gunakan adalah bekas alat pasang lampu, kebetulan dirumah ada dua, yang satu sudah rusak makanya saya pakai untuk aksesoris, kalau suami saya nyari sudah tidak ada, jadi tongkat sihir, jelentrehnya.

Dosen yang akrab dengan anak didiknya ini tidak pernah sungkan untuk minta ide kepada Mahasiswanya, kostum apa yang selanjutnya akan digunakan ketika perkuliahan berikutnya, tak banyak dari para mahasiswa minta foto bersama malayaknya bak artis papan atas.

“Dengan kostum yang saya gunakan mereka tidak menggap bahwa saya aneh, karena ketika saya masuk kelas mengajar sebagaimana mestinya dan tetap serius, mungkin diawal saja ketika saya masuk mereka merasa senang, karena metode perkuliahan yang saya gunakan benar-benar serius sesuai dengan materi yang saya sampaikan.”pungkasnya.

Sementara itu, Prof. Sukarno, Dekan Fakultas Ilmu Budaya saat wawancaranya dengan awak media mengatakan, sangat mendukung kreatifitas cara mengajar dosen, agar tidak menimbulkan kebosanan dalam memberikan materi kepada mahasiswa.

Dewi Anggelina, S.S., M.A. Dosen Drama dan Cerita Rakyat FIB UNEJ

“Kami justru memotifasi untuk meningkatkan kreatifitas, seperti layanan kita, yaitu layanan PRIMA, salah satunya adanya kreatifitas tersendiri, salah satunya mbak Anggel yang selalu menampilkan sesuatu yang berbeda misalkan memberikan materi drama, dosen tersebut harus betul-betul menjiwai topiknya dengan didukung kostum akan berbeda,” katanya.(is)