Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UII Perluas Jejaring Internasional di Forum Internasional APAIE 2023 Thailand

UII Perluas Jejaring Internasional di Forum Internasional APAIE 2023 Thailand

Universitas Islam Indonesia (UII) memperluas jejaring internasionalnya melalui kegiatan Asia Pacific Association for International Education (APAIE) pada tanggal 13-17 Maret 2023 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 55 negara dengan kegiatan meliputi workshop dan pameran pendidikan internasional. Delegasi UII hadir di APAIE 2023 dengan dipimpin oleh Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, Ph.D bersama Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D (Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan), Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. (Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional), Dr. Joni Aldilla Fajri, S.T., M.Eng. (Kepada Divisi Kemitraan Internasional), dan Nihlah Ilhami, S.Pd. (Kepala Divisi Mobilitas Internasional).

Pada APAIE 2023 ini, UII bergabung di booth E90 bersama dengan anggota konsorsium NUNI (Nationwide Universities Network in Indonesia) yang terdiri dari 12 universitas yaitu BINUS University, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Surabaya (UBAYA), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas Kristen Petra, Universitas Kristen Maranatha, dan Universitas Katolik Soegijapranata, dan Universitas Andalas. 

Ajang APAIE 2023 ini dimanfaatkan bagi para peserta untuk menjaring mitra baru dan memperkuat kerja sama dengan mitra lama melalui penjajakan peluang kerja sama seperti rintisan program gelar ganda, program transfer kredit, program pendek, pertukaran dosen, kolaborasi riset, dan lain-lain.

Pada pertemuan dengan sejumlah mitra di APAIE 2023 lalu, UII tertarik untuk mengembangkan kerja sama baru diantaranya dengan University of Pecs (Hungaria), SIAS University (Tiongkok), Universiti Malaysia Perlis (Malaysia), Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Panpacific University (Filipina), Jeonbuk National University (Korea Selatan), Marmara Universitesi (Turki), Kwansei Gakuin University (Jepang), Kochi University of Technology (Jepang), Universite Paris Cite (Prancis), Berkeley University of California (Amerika), University of Wyoming (Amerika), Eurasian National University (Kazakhstan), dan Absolute Internship. 

UII juga telah berdiskusi dengan mitra yang telah bekerja sama guna menguatkan dan menganekaragamkan implementasi kerja sama seperti dengan Universiti Teknologi Malaysia (Malaysia), Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Rangsit University (Thailand), FPT University (Vietnam), Temasek Polytechnic (Singapura), Prince Songkla University (Thailand), Mahidol University (Thailand), serta National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan).

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid mengutip sebuah pepatah Afrika, If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together. Berkaca dari pepatah tersebut, APAIE 2023 ini merupakan salah satu cara untuk membentuk jejaring kolaborasi yang nantinya akan membawa UII ke lompatan yang lebih jauh lagi dalam hal pencapaian rekognisi internasional.