Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Untirta Gelar Kegiatan “Mekanisme Kelulusan SNBP 2023”

Untirta Gelar Kegiatan “Mekanisme Kelulusan SNBP 2023”

Tangsel (20/3/23) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan “Mekanisme Kelulusan SNBP 2023” secara hybrid bertempat di Hotel Ibis Tangsel dengan menghadirkan Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB 2023 Prof. Budi Prasetyo Widyobroto selaku Narasumber, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, Para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kepala Pusdainfo, Ketua UPP PMB, Ketua Prodi, Dosen, panitia dan staf terkait di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT. Ia menyampaikan bahwa seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 prosesnya sangat ketat. “Semoga proses seleksi ini dapat menghasilkan calon mahasiswa yang berkualitas”, ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa jalur SNBP sebentar lagi akan diumumkan tepatnnya di tanggal 28 Maret 2023. Selain itu ia juga meminta arahan dari Prof Budi selaku narasumber kegiatan dalam merancang kebijakan jalur mandiri yang nantinya akan menjadi kebijakan jalur Mandiri Untirta tahun 2023.

Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB 2023 Prof. Budi Prasetyo Widyobroto dalam materinya menyampaikan materi sosialisasi dan promosi SNBP dan SNBT yang dikeluarkan oleh SNPMB. Ia menekankan bahwa tahun ini siswa diberi kebijakan penuh untuk memilih jurusan sesuai dengan yang diinginkan. “Dalam memilih jurusan, siswa memang diberi kemerdekaan untuk memilih prodi, namun harus bertanggungjawab atas pilihannya”, ungkapnya. Ia juga merespon pertanyaan Rektor Untirta yang ingin menggunakan nilai UTBK pada jalur mandiri. “Permintaan tersebut sangat bisa dilakukan, tinggal nanti berkoordinasi saja dimintakan untuk nilai pendaftar yang memilih Untirta di jalur mandiri”, imbuhnya.

Ketua UPP PMB Untirta Tri Cahyono menaympaikan tahapan seleksi SNBP yang telah dilaksanakan oleh Untirta. “Sebelumnya juga kami dan humas melaksanakan sosialisasi dan promosi di delapan Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten”, ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa menerima kunjungan dari beberapa sekolah yang ada di Banten. “Dengan pesatnya perkembangan Untirta, menjadi daya tarik sekolah di Banten untuk menjadikan Untirta sebagai lokasi tour campus.

Acara dilanjutkan dengan laporan ketua PMB Untirta, laporan verifikasi dokumen, penilaian portofolio seni, olahraga dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. (VDF/AAP)