Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

KKN Anak Bangsa UAD Adakan Pelatihan Ecoprint di Sorobali NTB

KKN Anak Bangsa UAD Adakan Pelatihan Ecoprint di Sorobali NTB

KKN Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan ecoprint di Dusun Sorobali Nusa Tenggara Barat (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan pelatihan pembuatan karya seni ecoprint pada 27 Februari 2023 di posko Posyandu Dusun Sorobali, Desa Karampi, Langgudu, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini diikuti 25 orang yang terdiri atas anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

“Pelatihan ini jadi pengalaman yang luar biasa bagi kami karena pertama kalinya membuat karya ecoprint. Saya bersemangat untuk mengikutinya, ternyata hasil karyanya lumayan bagus juga,” ujar Nurbayati Safi’i, salah satu peserta pelatihan.

Ecoprint merupakan salah satu teknik cetak pada kain dengan memanfaatkan tumbuhan sebagai alat cetak dan pewarna alami. Bagian tumbuhan yang digunakan biasanya adalah daun, bunga, atau batang.

Sebelum membuat karya seni ecoprint, Eka Sri Marfu’ah dan Ahmad Rifai Sanuhung selaku perwakilan tim KKN Anak Bangsa memberikan materi terlebih dahulu kepada masyarakat. Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan dilanjut dengan menyiapkan kertas manila dan kain putih yang telah diolah sebagai alas atau dasar. Kemudian, daun jati disusun di atas kain lalu lapisi dengan lembaran plastik bening di bagian atasnya. Jika sudah, daun dipukul dengan palu atau batu sampai mengeluarkan warna yang tegas. Proses tersebut diulangi hingga cetakan tumbuhan memenuhi kain.

Adanya kegiatan pelatihan ecoprint diharapkan dapat merangsang potensi alam dan sumber daya manusia yang ada guna meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Sorobali. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa produk hasil ecoprint cukup laris di pasaran karena unik dan ramah lingkungan. Produk tersebut bisa berupa baju, syal, dompet, tas, dan lain sebagainya. (ish)

uad.ac.id