Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

3 Mahasiswa Ilmu Hukum UNJA Juara 1 Lomba Debat Nasional di Riau

3 Mahasiswa Ilmu Hukum UNJA Juara 1 Lomba Debat Nasional di Riau

JAMBI,- Pernando, Rivandiansyah, dan Jesaya Purba, 3 orang mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) Univeritas Jambi (UNJA) berhasil membanggakan Kampus Pinang Masak di kancah nasional dengan meraih Juara 1 Lomba Debat Nasional. Prestasi itu diraih mereka dalam gelaran “Formadiksi Cup and Event Nasional Chapter 3” yang diselenggarakan di Aula Rektorat Univeristas Riau, pada 15-20 Maret 2023.

Mereka bertiga tergabung ke dalam tim debat yang diberi nama “Pensiun Indah”. Mereka berhasil menghadapi 12 tim lainnya di babak final dengan membawa pulang piala, mendali, sertifikat, dan uang pembinaan. Nando sebagai perwakilan tim debat Pensiun Indah menjelaskan motivasi awal mereka bertiga mengikuti lomba tersebut.

“Motivasi awal mengikuti event ini mengingat saya mahasiswa semester 8, jadi ingin menyumbangkan piala terakhir untuk Universitas Jambi selama menjadi mahasiswa, dan juga membawa adik-adik junior untuk mendapatkan pengalaman lomba secara offline yang nantinya dapat menjadi estafet pendebat yang hebat dari UNJA dan bisa juara nasional di event nasional lainnya,” tutur Nando.

 

Nando juga menjelaskan persiapan yang dilakukan dan berharap mahasiswa UNJA akan bisa terus bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Persiapannya seperti biasa, latihan sekitar 2 kali pertemuan karena semuanya di dalam organisasi yang sama yaitu Law Science Organization (LSO) FH UNJA, jadi latihan memang selalu dilakukan setiap minggunya untuk mempersiapkan event-event nasional yang ingin diikuti. Harapan ke depan, semoga UNJA semakin bisa bersaing di event nasional dan internasional dan bisa memberikan kesempatan yang lebih banyak lagi untuk mahasiswa mencari pengalaman. Ini bisa menjadi ajang pemanasan untuk adik adik junior mempersiapkan lomba KDMI yang diselenggarakan Puspresnas Kemendikbudristekdikti,” jelas Nando.

Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H. selaku Kaprodi Ilmu Hukum FH UNJA mengapresiasi prestasi mahasiswanya dengan menyebutkan bahwa ini merupakan hasil dari kolaborasi dan kompetisi yang telah terbangun baik di UNJA.

“Prestasi ini merupakan wujud nyata dari adaptasi kebiasaan berprestasi baru yang diikuti oleh semangat pantang menyerah dari mahasiswa FH UNJA. Keberhasilan yang diraih oleh mahasiswa FH UNJA merupakan hasil dari kolaborasi dan kompetisi yang telah terbangun baik di Universitas Jambi,” ujar Akbar Kurnia.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS