Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Sambut Ramadhan, ROHIS SMAHA Gelar Targhib Ramadhan

Sambut Ramadhan, ROHIS SMAHA Gelar Targhib Ramadhan

Ramadhan 1444H sudah di depan mata, mari kita sambut dengan suka cita. 

Untuk menyambut bulan Ramadhan 1444H, ROHIS SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) menggelar kegiatan Targhib Ramadhan yang dikemas dalam bentuk talkshow. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2023 di aula SMAHA. Tema yang diangkat pada kegiatan yang mulia ini yaitu “Sambut Ramadhan, Kuatkan Iman Remaja Bersama Al Qur’an”.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Aditya Ramanda kelas XI MIPA 1 dan tilawah Qur’an yang dilantunkan oleh Muhammad Haniif Rais kelas XI MIPA 1. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.  “Kita hendaknya bergembira dalam menyambut bulan Ramadhan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Allah juga menjanjikan surga bagi orang yang senang menyambut bulan penuh berkah ini. Kita harus memantaskan diri untuk menyambut bulan suci penuh ampunan. Selain itu, kita juga harus persiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Mari kita optimalkan amalan maupin ibadah baik di sekolah maupun di rumah,” tambah Bu Etik.

Memasuki acara inti, tim ROHIS SMAHA membukanya dengan prolog yang dikemas sangat apik. Mereka menceritakan sejarah singkat tentang perintah puasa Ramadhan yang tercantum di QS Al Baqarah-183. Sejarah singkat terjadinya puasa adalah ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam berpuasa di bulan Asyura. Maka dari itu Rasul memerintahkan orang untuk berpuasa. Pada zaman dahulu, barang siapa yang mau berpuasa maka diperbolehkan berpuasa, begitu pula sebaliknya. Pada tahun kedua hijriyah, pada malam kedua sya’ban, Allah Subhanahu Wa Ta’ala mewajibkan umat muslim untuk berpuasa.

 Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Nasywa Nadia (alumni SMAHA yang pernah menjabat sebagai wakil ketua ROHIS periode 2020/2021), Annisa Dini (wakil ketua ROHIS periode 2020/2021), serta Arif Hidayatullah (humas ROHIS periode 2020/2021). Kegiatan ini juga menghadirkan guest star, Habib Ridho Baraqbah.

Menurut Arif, ada tiga persiapan yang utama dalam menyambut Ramadhan yaitu niat, iman, dan fisik. Nasywa Nadia menambahkan jika kita harus memiliki target khatam Qur’an pada bulan mulia ini. Annisa Dini mengajak para audiens untuk menyambut Ramadhan dengan membersihkan rumah agar terhindar dari najis.

Habib Ridho Baraqbah mengajak para audiens untuk taubat serta memperbanyak sholawat dan dzikir kepada Allah agar kita mendapat ampunan dan kemuliaan-Nya. “Ibarat gelas, kita siapkan gelas bersih yang kosong untuk menampung banyak pahala di bulan Ramadhan. Seseorang akan mendapatkan kemuliaan di bulan Ramadhan tergantung pada kadar keikhlasan, kecintaan, dan kesiapan kita dalam menghadapi bulan penuh ampunan tersebut. Kita persiapkan diri dengan penerimaan yang baik untuk menyambut Ramadhan”, tambah beliau.

Dalam talkshow ini, para narasumber dan Habib menjawab beberapa pertanyaan dari siswa SMAHA terkait puasa. Seperti hal yang membatalkan puasa, mengapa masih banyak orang yang berbuat maksiat padahal di bulan puasa syaiton dikerangkeng, bagaimana cara menjaga istiqomah untuk menjaga spirit di bulan puasa, dan masih banyak lagi. Menurut Habib Ridho, memang benar syaiton itu dikerangkeng ketika bulan Ramadhan, hanya saja manusia masih memiliki syahwat. Nah, yang menyebabkan manusia berbuat maksiat karena mereka tidak bisa mengendalikan syahwatnya.  

Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah di Ramadhan ini dan dipertemukan dengan Ramadhan-Ramadhan berikutnya. Kegiatan ditutup dengan membaca doa kafaratuk majelis bersama.